Bank QNB akan Lakukan Rights Issue

JAKARTA – PT Bank Qatar National Bank (QNB) Indonesia Tbk akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (right issue) dengan jumlah saham yang dikeluarkan oleh bank sebanyak-banyaknya 8.235.757.284 saham dengan nilai Rp 250 per saham. Dengan demikian,  modal disetor bank meningkat dari Rp 2,2 triliun menjadi Rp 4,25 triliun.

Rencana right issue ini telah disetujui oleh rapat umum pemegang saham  (RUPS) bertempat di QNB Tower, 18 Parc SCBD, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta, Selasa (28/2).

Agenda RUPS juga  disetujui oleh para pemegang saham. Termasuk di antaranya adalah laporan keuangan bank untuk tahun 2016. Kemudian, penetapan honorarium/gaji bagi anggota direksi dan dewan komisaris, serta perubahan susunan direksi dan dewan komisaris bank.

Penambahan modal tersebut bertujuan untuk memperkuat struktur permodalan bank. Dana yang diperoleh akan digunakan untuk meningkatkan aset produktif bank dalam bentuk penyaluran kredit.

“Penambahan modal ini akan mendukung pertumbuhan usaha bank di tahun 2017. Ini sejalan dengan rencana bisnis bank yang telah disampaikan kepada OJK dan Qatar National Bank. SAQ selaku pemegang saham mayoritas memberikan dukungannya melalui penambahan modal bank,” jelas Plt Direktur Utama  Azhar Abdul Wahab.

Menurut Azhar, hal ini menjadikan bukti komitmen berkelanjutan dalam mengembangkan kinerja anak perusahaannya dan turut berkontribusi untuk pertumbuhan perekonomian nasional.

Dalam lima tahun terakhir, Bank QNB Indonesia telah berhasil membukukan pertumbuhan aset rata-rata sebesar 61 persen atau bertumbuh 80,94 persen sejak tahun 2012. Meskipun pada tahun 2016 terjadi penurunan aset sebesar 5 persen dari tahun sebelumnya, namun bank tetap optimis akan membukukan pertumbuhan aset pada tahun berikutnya.

Kredit netto yang diberikan bank menurun sebesar 15,57 persen dari Rp 20,79 triliun pada akhir 2015 menjadi Rp 17,55 triliun pada akhir 2016. Penurunan ini disebabkan oleh perlambatan dunia usaha seiring dengan belum terlalu kondusifnya perekonomian global maupun nasional.

Pada tahun 2016, Bank QNB  mengantisipasi kondisi perekonomian nasional dengan melakukan langkah strategis dengan prinsip kehati-hatian untuk meningkatkan loan loss coverage melalui upaya pembentukan CKPN kredit menjadi Rp 736,73 miliar.

EDITOR: Rizky

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Makan Dikit, Perut Kok Buncit?