CSR PLN Jawa Timur Naik 10 Persen

SURABAYA – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur memperkirakan alokasi dana corporate social responsibility (CSR) tahun ini naik hingga 10 persen atau sebesar Rp 4,8 miliar dibanding tahun lalu.

“Penambahan ini didasarkan makin banyaknya bantuan yang disalurkan ke daerah-daerah yang selama ini menjadi penyangga aset PLN,” kata Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo di kantornya, Jumat (17/2) sore.

Dikatakannya, bantuan tersebut meliputi pendidikan,  sarana umum, sarana ibadah,  kesehatan,  bencana alam,  sosial, dan lingkungan. “Sifat bantuannya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat,” kata Pinto.   Dana bantuan CSR yang sudah disalurkan PLN Jatim sepanjang tahun memang difokuskan pada daerah yang di sekitar lingkungannya.

“Dengan bantuan ini PLN berharap, masyarakat memiliki kepedulian terhadap aset PLN dengan ikut menjaga dan merawatnya,” tuturnya.

Pada periode Januari -Februari 2017, PLN berhasil menyalurkan bantuan di 16 titik yang tersebar di Jawa Timur. Di antaranya Pacitan,  Ponorogo,  Magetan dengan jumlah bantuan mencapai Rp 500 juta, penyaluran dana yang baru saja dilaksanakan pada Februari sebesar Rp 352.202.000. Dana sebesar itu terbagi dan disalurkan untuk pendidikan sebesar 40-60 persen yang digunakan untuk pembangunan saran dan prasarana sekolah.  Kemudian bantuan untuk sarana umum seperti membangun plengsengan sebesar 40 persen,  bantuan untuk komunitas  20 persen.

“Sepanjang 2017 kami terus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang besarannya tentu saja tidak sama antara daerah satu dengan daerah lainnyan tergantung kebutuhan masyarakat setempat,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, tahun ini PLN mulai menyalurkan dana CSR meski belum tahun pencapaian laba atau keuntungan.  “Dana CSR bisa diambilkan dari dana alokasi khusus,” imbuhnya.   Sementara dana CSR 2016 sebesar Rp 4,4 miliar disalurkan di 46 titik di seluruh Jawa Timur dengan rincian, untuk sarana umum 25 persen,  sarana ibadah 27 persen,  pendidikan 30 persen dan untuk lainnya seperti kesehatan,  bencana alam, dan pelestarian lingkungan.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Makan Dikit, Perut Kok Buncit?