Warga Masih Nekat Masuki Zona Merah Gunung Sinabung

MEDAN, SERUJI.CO.ID -Pasca erupsi besar Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumut yang terjadi pada Rabu, 27 Desember 2017 lalu, tim gabungan polisi dan koramil terus meningkatkan patroli di sejumlah pintu masuk zona merah Sinabung.

“Sejak gunung meletus, kami Polsek Simpang Empat dan Koramil setiap hari patroli di zona merah Gunung Sinabung. Kali ini patroli dilakukan ke portal zona merah di Desa Berastepu,” kata Kapolsek Simpang Empat Tanah Karo AKP Nazrides Syarif, Rabu (3/1).

Dia menyebutkan, patroli juga dilakukan tim dengan mengecek rumah kosong yang ditinggalkan pengungsi. Karena masih saja ada warga memasuki zona merah untuk melihat kebunnya dan rumah mereka.

“Masih ada saja warga yang masuk zona merah untuk melihat kebunnya. Kami hanya bisa mengimbau dan memberikan sosialisasi agar masyarakat menjauhi zona merah. Jangan ada lagi aktifitas di dalam, karena sangat berbahaya mengingat erupsi terus meningkat,” jelasnya.

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen, menambahkan aktifitas erupsi Gunung Sinabung masih tinggi. Kali ini, Gunung Sinabung erupsi hingga mencapai ketinggian 2.000 meter serta guguran dengan jarak luncur 1000 meter mengarah ke tenggara.

“Untuk erupsi hari ini, terjadi pada pukul 11:31 WIB dengan tinggi letusan hingga 2.000 meter,” kata Armen.

Dia kembali mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar,” pungkasnya.

Sebelumnya, erupsi besar Gunung Sinabung terjadi pada Rabu (27/12/2017) dengan awan panas guguran jarak luncur 3.500 meter ke arah Tenggara – Timur dan 4.600 meter ke arah Selatan – Tenggara.

Dari puncak kawah keluar asap disertai abu vulkanik kelabu hitam dengan tekanan sedang hingga kuat. Hujan abu vulkanik jatuh di beberapa di desa di sekitar Gunung Sinabung. (Mica/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O