Sambut Gerhana Bulan, Ratusan Warga Langsa Laksanakan Shalat Khusuf

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Guna menyambut gerhana bulan, ratusan warga Kota Langsa melaksanakan shalat sunat khusuf (shalat sunat gerhana bulan), Rabu (31/1) di Masjid Baiturrahim, Paya Bujok Seulemak, Kota Langsa, Aceh.

Pantauan SERUJI, pada pukul 19.13 WIB sejumlah warga berdatangan ke masjid, namun ada juga jamaah shalat maghrib yang tidak kembali ke rumahnya dan memilih untuk beritikaf di dalam masjid menanti shalat Isya dan dilanjutkan dengan shalat sunat khusuf.

“Ternyata, pukul 19.30 WIB gerhana bulan mulai tampak, sehingga dilakukan shalat sunat khusuf terlebih dahulu” ujar Purwanto salah seorang jamaah yang sejak shalat Maghrib beritikaf untuk menanti pelaksanaan shalat sunat khusuf.

Bertindak selaku imam dan khatib adalah syekh Muhajir, LLM, pimpinan Dayah Darul Huda Kota Langsa.

Dalam khutbahnya, khatib mengajak kepada seluruh jamaah untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Syekh Muhajir mengatakan fenomena gerhana bulan yang terjadi merupakan tanda kebesaran Allah SWT, bagi orang yang beriman hendaknya dapat menambah keimanan dan takut kepada Allah SWT.

“Posisi bulan malam ini paling dekat dengan bumi, ini pertanda kebesaran Allah, tidak ada yang lain, jika orang tidak beriman maka hanya menikmati fenomena tersebut sebatas keindahan alam saja, namun bagi kita orang beriman, kejadian ini menjadikan kita semakin takut kepada Allah, takut kepada Allah bukan seperti kita takut kepada singa menjauhinya, namun kita harus mendekatkan diri kepada Allah” jelas dosen Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa ini.

Usai khutbah, dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat Isya dan ditutup dengan do’a tolak bala.

Selain di Masjid Baiturrahim, shalat khusuf juga dilaksanakan di masjid lainnya, seperti di Masjid Raya Kota Langsa, Masjid Muwahidin, Masjid Ar-Rahmah dan masjid-masjid yang ada dalam wilayah Kota Langsa. (Syahrial/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Mengapa Islamophobia?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER