Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Pengguna Transportasi Laut Waspada

BATAM, SERUJI.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengimbau pengguna transportasi laut di perairan Provinsi Kepulauan Riau berhati-hati terhadap gelombang tinggi dan arus laut yang kencang pada hampir di seluruh perairan, Ahad (11/3).

“Untuk aktivitas kelautan dan transportasi laut diimbau untuk berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi di wilayah perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas,” kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Aprilia Susilowati.

Ia memperkirakan gelombag laut di Perairan Kepri hingga mencapai empat meter, dengan arus laut mencapai 55 cm/detik.

Secara umum, ia menyatakan kondisi cuaca diprakirakan berawan serta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yang dapat disertai petir.

Adanya belokan angin di sebagian wilayah Kepri dan tingginya prediksi nilai kelembapan lapisan atas, menyebabkan banyaknya massa udara yang mendukung proses pertumbuhan awan konektif.

“Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Ahad (11/3) pagi hujan ringan hingga sedang dan siang sampai dini hari berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 km/jam.

Suhu udara di Batam sekitar 24-30 derajat Celsius dengan kelembapan 75-97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,3-1,3 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Ahad (11/3) pagi hujan ringan hingga sedang dan siang sampai dini hari berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 km/jam.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sekitar 24-30 derajat Celsius dengan kelembaban 73-95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,3-2,5 meter.

Karimun pada Ahad (11/3) pada Ahad (11/3) pagi hujan ringan hingga sedang dan siang sampai dini hari berawan hujan ringan. Kecepatan angin mencapai 5-36 km/jam.

Suhu udara di Karimun sekitar 24-30 derajat Celsius dengan kelembapan 73-97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,2-0,8 meter.

Cuaca di Lingga, pada Ahad (11/3) pagi hujan ringan hingga sedang dan siang sampai dini hari berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 km/jam.

Suhu udara di Lingga sekitar 24-30 derajat Celsius dengan kelembapan 73-93 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,2-2 meter.

Kabupaten Natuna pada Ahad (11/3) pagi hingga hingga dini hari berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-33 km/jam.

Suhu udara di Natuna antara 25 sampai 31 derajat Celsius dengan kelembaban 78-95 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5-4 meter.

Di Kabupaten Anambas, Ahad (11/3)pagi hingga dini hari berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-30 km/jam.

Suhu udara Anambas antara 25-31 derajat Celsius dengan kelembaban 70-92 persen, sedangkan gelombang diperkirakan 0,5-3,5 meter. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER