Dinkes Imbau Warga Selektif Membeli Takjil

KOBA, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga lebih selektif membeli jajanan untuk berbuka puasa atau takjil yang banyak dijual di pasar dadakan.

“Apalagi saat ini pasar Ramadhan bermunculan di berbagai tempat yang menjual beraneka menu, warga harus jeli dan selektif membeli menu berbuka yang lebih aman dan sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar di Koba, Senin (21/5).

Pihaknya selain mengimbau juga memantau kondisi jajanan berbuka puasa yang dijual menjelang masuknya waktu berbuka puasa untuk memastikan lebih aman dikonsumsi.

“Tentu tidak bisa melarang orang mau berdagang, cuma kami mengimbau para pembeli lebih jeli dan selektif memilih menu yang kira-kira aman untuk kesehatan dan diupayakan menghindari menu yang mengandung bahan pengawet,” katanya.

Ia mengatakan, pengawasan dan pemantauan jajanan berbuka puasa merupakan agenda rutin pihaknya setiap Ramadhan untuk memastikan menu makan tersebut aman dikonsumsi dan tidak mengganggu kesehatan.

“Warga harus hati-hati juga dengan pola makan, kadang-kadang dengan pola makan yang salah justeru berdampak terhadap terganggunya kesehatan,” katanya.

Sementara Yandi, seorang warga Koba mengatakan dirinya lebih memilih membeli jajanan berbuka yang terbungkus rapat sehingga aman dari bakteri yang dibawakan lalat dan debu.

“Kalau saya membeli jajanan siap saji itu yang dalam keadaan dibungkus saja, termasuk gorengan kalau dibungkus dan ditutup baru saya beli,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.