Dinkes Imbau Warga Selektif Membeli Takjil

KOBA, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga lebih selektif membeli jajanan untuk berbuka puasa atau takjil yang banyak dijual di pasar dadakan.

“Apalagi saat ini pasar Ramadhan bermunculan di berbagai tempat yang menjual beraneka menu, warga harus jeli dan selektif membeli menu berbuka yang lebih aman dan sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar di Koba, Senin (21/5).

Pihaknya selain mengimbau juga memantau kondisi jajanan berbuka puasa yang dijual menjelang masuknya waktu berbuka puasa untuk memastikan lebih aman dikonsumsi.

“Tentu tidak bisa melarang orang mau berdagang, cuma kami mengimbau para pembeli lebih jeli dan selektif memilih menu yang kira-kira aman untuk kesehatan dan diupayakan menghindari menu yang mengandung bahan pengawet,” katanya.

Ia mengatakan, pengawasan dan pemantauan jajanan berbuka puasa merupakan agenda rutin pihaknya setiap Ramadhan untuk memastikan menu makan tersebut aman dikonsumsi dan tidak mengganggu kesehatan.

“Warga harus hati-hati juga dengan pola makan, kadang-kadang dengan pola makan yang salah justeru berdampak terhadap terganggunya kesehatan,” katanya.

Sementara Yandi, seorang warga Koba mengatakan dirinya lebih memilih membeli jajanan berbuka yang terbungkus rapat sehingga aman dari bakteri yang dibawakan lalat dan debu.

“Kalau saya membeli jajanan siap saji itu yang dalam keadaan dibungkus saja, termasuk gorengan kalau dibungkus dan ditutup baru saya beli,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Membangun Kembali Budaya Bahari

Penjajah meninggalkan perangkat pelanggengan penjajahan melalui persekolahan. Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER