Dana Desa Diawasi oleh Kapolsek, Ini Kata Ketua Apdesi Aceh

3
1129
Wilda Mukhlis
Ketua DPD Apdesi Aceh Wilda Mukhlis, S.HI.

LANGSA, SERUJI.CO.ID – Terkait kewenangan pengawasan dana desa oleh Kapolsek di setiap daerah, Pengurus Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Aceh mendukung penuh langkah yang diambil oleh pemerintah pusat.

“Kita sangat mendukung kebijakan yang diambil oleh Kementerian Desa, Menteri Dalam Negeri, dan Kapolri,” ujar Ketua DPD Apdesi Aceh Wilda Mukhlis, S.HI saat dihubungi SERUJI, Sabtu (21/10).

Wilda menilai, saat ini banyak terjadi penyalahgunaan dana desa, baik dari sisi penggunaan anggaran maupun dari sisi laporan keuangan.

Sebelumnya, kata Wilda, Kejaksaan juga sudah membentuk tim pengawasan dana desa, sehingga nantinya kedua lembaga ini dapat bersinergi dalam pengawasan pengelolaan dana desa.

Wilda berharap, dengan adanya pengawasan yang dilakukan oleh kapolsek akan meminimalisir penyimpangan dalam pengelolaan dana desa.

“Kita berharap penyimpangan terhadap pengelolaan dana desa akan lebih kecil, sehingga anggaran yang dikucurkan oleh Pemerintah benar-benar sudah sesuai petunjuk dalam pelaksanaannya,” ungkap “Datok” atau Kepala Desa Ie Bintah ini.

Sebagaimana diberitakan, mulai hari ini Kapolsek di setiap daerah memiliki tanggung jawab untuk mengawasi penggunaan dana desa.

Pemberian tugas itu merupakan hasil kesepakatan antara Mendagri, Kapolri, dan Kemendes PDTT. (Syahrial/SU02)

loading...

3 KOMENTAR

  1. Langkah yang baik.tapi makanisme pengawasan harus dipertegas.supaya kapolsek dengan kepala desa bisa menjalin kerjasama yg balk.sehingga terwujud pembagunan sesuai harpan semua pihak.

  2. Sudah menjadi tanggung jawab lembaga kepolisian, mendagri, dan kementrian desa, untuk mengontrol setiap dana desa, agar tetap sasaran.
    Seharusnya 3 lembaga ini berkomitmen penyimpangan dana desa, bukan hanya sekedar diminimalisir saja, akan tetapi beromitmen hingga tidak ada lagi penyelewengan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Hari Reresik Malioboro

Wisatawan Keluhkan Mahalnya Tarif Parkir di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keluhan wisatawan terkait tarif parkir kendaraan yang melebihi ketentuan saat libur Lebaran, khususnya di kawasan wisata Kota Yogyakarta mewarnai lini massa di...

Seorang Warga Nunukan Digigit Buaya

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Kampung Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami luka-luka akibat digigit buaya pada Ahad (17/6), sekitar pukul 10.30...
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...