Bawaslu: 9 Kada di Riau Yang Deklarasi Dukung Jokowi, Tidak Penuhi Unsur Pidana

0
65
  • 13
    Shares
Kepala daerah di Riau saat deklarasi dukungan kepada Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Hotel Aryaduta, Rabu, (10/10/2018). (foto:Istimewa)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID –┬áBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau akhirnya memutuskan bahwa sembilan Kepala Daerah (Kada) yang terlibat Deklarasi Pro-Jokowi (Projo) pada 10 Oktober 2018 lalu di Kota Pekanbaru tidak tidak memenuhi unsur pidana.

“Keputusan tidak terpenuhinya unsur pidana Pemilu ini diambil berdasarkan rapat sentra Gakkumdu Bawaslu Provinsi Riau yang digelar alot selama tujuh jam,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, di Pekanbaru, Sabtu (3/11).

Rusidi menjelaskan secara hukum pidana, hal yang dilakukan sembilan kepala daerah tidak terbukti. Kesembilan Kada itu yakni Bupati Siak, Syamsuar; Bupati Kampar, Aziz Zaenal; Wali Kota Pekanbaru, Firdaus; dan Bupati Rokan Hulu, Sukiman.

Loading...

Selanjutnya Bupati Bengkalis, Amril Mukminin); Bupati Kuansing, Mursini; Bupati Indragiri Hilir, Wardan; Bupati Rokan Hilir, Suyatno; Walikota Dumai, Zulkifli; dan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir.

“Rapat menghasilkan putusan tidak terpenuhinya unsur pidana terhadap sembilan Kepala daerah terkait Deklarasi dukung Jokowi,” ujarnya.

Namun, katanya, menurut UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, ke sembilan kepala daerah tersebut terbukti melanggar sehingga direkomendasikan Kementerian Dalam Negeri untuk diberi sanksi.

“Walau mereka tidak tersangkut pidana, namun keputusan melanggar Peraturan Perundang undangan lainnya, diambil dalam rapat Pleno Bawaslu Riau sesaat setelah Rapat Sentra Gakkumdu,” ujar Rusidi.

Ia mengatakan sebelum memutuskan pihak Bawaslu Riau telah meminta keterangan dari KPU Riau, pihak Panitia Pelaksana Deklarasi dan DPD Projo Riau, sembilan Kepala Daerah se-Riau hingga pendapat Ahli, baik Ahli Pidana maupun Ahli Tata Negara. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU