Warga Mengira Terjadi Gempa Saat Jalan Gubeng Ambles Seperti Jurang

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Jalan Raya Gubeng Kota Surabaya, Jawa Timur, mendadak ambles, pada Selasa (18/12) malam sekitar pukul 21.15 WIB. Akibatnya, terbentuk sebuah lubang menganga seperti jurang, sepanjang sekitar 100 meter, lebar 30 meter, dengan kedalaman 20 meter (sebelumnya diberitakan 8 meter).

Sejumlah warga mengira terjadi gempa bumi saat peristiwa terjadi.

“Saya berada di radius sekitar 400 meter dari lokasi kejadian. Semula saya mengira terjadi gempa bumi karena tanah tempat saya berdiri bergerak disertai suara boom, seperti ada bangunan yang ambruk,” ujar petugas Lintas Masyarakat (Linmas) Pemerintah Kota Surabaya Umar Hasan, Selasa (18/12) malam.

Umar Hasan adalah aparat yang pertama kali menghubungi Call Center 112 Pemerintah Kota Surabaya untuk meminta bantuan.

“Kejadiannya sekitar pukul 21.15 WIB. Saya tiba di lokasi sekitar 15 menit kemudian dan langsung menghubungi Call Center 112,” katanya.

Umar menggambarkan, amblesnya Jalan Raya Gubeng disertai dengan listrik padam di area sekitarnya.

“Termasuk Rumah Sakit Siloam yang berada di dekat lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng juga mati lampu. Sempat panik di dalam rumah sakit ini tadi. Dokternya sampai keluar semua,” ujarnya.

Listrik di sekitar lokasi kejadian saat ini sudah terjadi normal.

Dugaan awal jalan itu ambles akibat pembangunan proyek yang sedang dikerjakan tepat di samping Rumah Sakit Siloam Surabaya, atau di depan lokasi jalan yang ambles.

“Ada kendaraan beko (crane) dari lokasi proyek yang juga turut ambles,” ucap Umar.

Menurut Umar, saat ambles, lalu lintas di Jalan Raya Gubeng masih tergolong padat.

Hingga menginjak Rabu dini hari, di lokasi kejadian saat ini Tim Rescue terlihat sedang mengupayakan evakuasi.

HIngga berita ini diturunkan, masih belum diperoleh keterangan apakah terdapat korban jiwa dalam kejadian ini. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Ghazwul Fikri dan Media

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.