Soekarwo Pimpin Tabur Bunga di Makam Dr Soetomo

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jawa Timur Soekarwo memipin tabur bunga dan ziarah di makam Pahlawan Nasional Dr Soetomo di Jalan Bubutan Surabaya dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, Senin (21/5).

“Semoga arwahnya diterima Allah SWT dan jasanya selalu dikenang oleh rakyat Indonesia,” ujar Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di sela ziarah.

Dr Soetomo merupakan salah seorang pendiri organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 yang merupakan penanda kebangkitan nasional, dan organisasi tersebut sangat berperan dalam mengampanyekan nasionalisme.

Gubernur Jatim melakukan kegiatan itu bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Mahcfud Arifin dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman yang didampingi Pangarmatim, pejabat utama Polda Jatim dan TNI AD, serta sejumlah pelajar dan pramuka.

Di awal kegiatan, orang nomor satu di Pemprov Jatim itu memberikan penghormatan umum yang diikuti oleh seluruh peserta ziarah, kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan sekaligus mendoakan.

Pakde Karwo kemudian meletakkan karangan bunga dan kembali memberikan penghormatan sebelum meninggalkan lokasi serta melakukan tabur bunga yang diikuti pejabat Forkopimda Jatim lainnya.

Sementara itu, sebelum ziarah dilakukan upacara hari Kebangkitan Nasional ke-110 di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur yang menjadi inspektur upacara menyampaikan bahwa salah satu kunci sukses dalam perjuangan adalah persatuan dan kesatuan, yang kemudian menjadi ciri khas Bangsa Indonesia.

“Persatuan dan kesatuan ini pula yang terbukti menyatukan daerah-daerah di Nusantara menjadi satu kesatuan NKRI. Saya kira ini yang harusnya menetes hingga sekarang, walaupun ada perbedaan, tapi tetap satu,” ucapnya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER