Prosesi Penobatan Digelar di Makam Tan Malaka

0
180
Makam Tan Malaka di Kediri. (Foto: sindonews.com)

KEDIRI – Keluarga Ibrahim Datuk Tan Malaka dari Sumatera Barat pada Selasa (21/2) menggelar prosesi adat penjemputan atau penobatan gelar di makam Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Makam tersebut diyakini sebagai makam Datuk Tan Malaka.

Pegiat Tan Malaka Institute, Habib Datuk Monti mengatakan, prosesi dilakukan untuk memindahkan gelar Datuk Tan Malaka ke kemenakannya Hengki Novaro Arsil.

“Ini acara prosesi bersalin baju atau penobatan gelar Datuk Tan Malaka yang dipindahgelarkan dari Ibrahim Datuk Tan Malaka pada Hengki Novaro dan ini dinobatkan di tanah pekuburan,” kata Monti di areal makam Desa Selopanggung.

Proses penobatan gelar itu, menurut dia, merupakan bagian dari adat yang berlaku di Minangkabau. Dalam acara itu, para pemangku adat melakukan prosesi pembahasan dan menyampaikan pernyataan sikap persetujuan, memakaikan baju dan menyematkan keris kepada yang diberi gelar, lalu berdoa bersama.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ferizal Ridwan mengatakan, prosesi itu tidak hanya di areal makam, melainkan juga di kampung halaman. “Kami lakukan haul, berdoa, dan selanjutnya masih ada acara lagi di kampung halaman,” katanya.

Di kampung halaman, ia menjelaskan, nantinya akan dilakukan arak-arakan di sepanjang Jalan Tan Malaka di Sumatera Barat yang panjangnya sekitar 45 kilometer.

“Artinya, secara adat telah sempurna prosesi ini semua. Dan, lengkap sudah Ibrahim secara gelar dan secara raja akan bersatu di depan rumahnya sendiri,” kata Ferizal.

Acara penobatan gelar itu di areal makam itu dihadiri 150 orang lebih. Termasuk di antaranya pemangku adat dan pejabat pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang mengenakan pakaian adat. Wakil Bupati Kediri Masykuri dan pejabat pemerintah setempat juga menghadiri acara itu.

EDITOR: Rizky

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...