Pasca Erupsi Gunung Agung, Bandara Jember Dibuka Kembali

JEMBER, SERUJI.CO.ID – Bandara Notohadinegoro di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kembali beroperasi normal dan dibuka untuk aktivitas penerbangan komersial pada Sabtu (30/6).

“Hari ini operasional Bandara Notohadinegoro kembali normal karena abu vulkanik Gunung Agung sudah bersih dari jalur udara sehingga Bandara Jember dibuka kembali,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Notohadinegoro Edy Purnomo di Kabupaten Jember.

Bandara yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, tersebut ditutup pada Jumat (29/6) sejak pukul 07.00 hingga 17.00 WIB akibat erupsi Gunung Agung yang mengeluarkan asap dan abu vulkanik yang dapat mengganggu aktivitas penerbangan.

“Dua maskapai yang beroperasi di Bandara Notohadinegoro Jember baik Garuda Indonesia maupun Wings Air rute Jember-Surabaya atau sebaliknya mendarat dan tinggal landas sesuai dengan jadwal,” tuturnya.

Ia berharap aktivitas Gunung Agung tidak lagi mengganggu penerbangan Jember-Surabaya PP, sehingga masyarakat bisa menggunakan moda transportasi udara dengan aman dan nyaman untuk bepergian ke Surabaya dan kota lainnya.

“Mudah-mudahan abu vulkanik Gunung Agung tidak mengarah ke Jember lagi, sehingga aktivitas penerbangan di Bandara Notohadinegoro Jember tetap berjalan normal dan lancar untuk melayani masyarakat yang menggunakan moda transportasi pesawat terbang,” katanya.

Edy mengatakan jumlah penumpang yang menggunakan pesawat Garuda Indonesia rute Jember-Surabaya sebanyak 45 orang, sedangkan rute Surabaya-Jember sebanyak 36 orang. Untuk maskapai Wings Air tercatat jumlah penumpang rute Jember-Surabaya sebanyak 72 orang dan penumpang rute Surabaya-Jember sebanyak 65 orang.

Sementara itu Manajer PT Garuda Indonesia Area Wilayah Jember Heru Joko Satria membenarkan beroperasi kembali maskapai Garuda Indonesia untuk melayani masyarakat dengan tujuan Surabaya atau Jember.

“Hari ini pesawat Garuda Indonesia kembali beroperasi untuk melayani masyarakat karena Bandara Notohadinegoro Jember sudah dibuka kembali untuk aktivitas penerbangan,” tuturnya.

Ia menjelaskan pesawat Garuda Indonesia berangkat dari Bandara Notohadinegoro atau lepas landas pukul 10.20 WIB dan mendarat di Bandara Juanda Surabaya pada pukul 11.10 WIB, sehingga jadwalnya sudah normal.

“Untuk jumlah penumpang Garuda Indonesia rute Surabaya-Jember sebanyak 45 orang, sedangkan rute Jember-Surabaya sebanyak 49 orang,” tuturnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER