close

Kapolda Jatim Prediksi Puncak Arus Mudik Selasa-Rabu

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin memprediksikan puncak arus mudik di wilayah itu terjadi antara hari Selasa (12/6) dan Rabu (13/6) mendatang.

“Arus mudik puncaknya dari timur ke barat itu Selasa (12/6) atau Rabu (13/6) yang paling padat karena Kamis (14/6) sudah tidak ada shalat tarawih,” kata Kapolda usai buka bersama dengan awak media di Surabaya, Senin (11/6).

Machfud mengatakan, pada arus mudik tahun ini di Jatim sangat terbantu dengan adanya beberapa tol operasional maupun fungsional. Misalnya, dari Kertosono menuju Jombang.

“Dulu simpang Mengkreng tidak pernah tidak macet bisa sampai 8 kilometer. Sekarang sudah mulai dibuka dan lancar. Beberapa titik di Taman Dayu, Pasuruan juga demikian,” tutur Machfud.


Selain itu, Jembatang Widang di Tuban dan Lamongan yang beberapa waktu lalu ambruk sudah diresmikan dan dioperasikan. Manurutnya, hal itu membuat yang dari barat ke timur Surabaya lancar.

Namun, Machfud mewaspadai adanya kerawan dari jalur timur menuju barat. Pada hari Selasa (12/6) dan Rabu (13/6) ada 500-an bus mudik bareng yang akan dilepas.

“Kerawan di Jatim adalah bertumpuknya orang di Surabaya pasca-Lebaran di tempat wisata. Di Batu dari Surabaya butuh waktu yang lama. Hari ketiga setelah Lebaran ramai-ramai wisata. Saya perintahkan ‘all out’ mengamankan orang-orang yang akan menuju ke tempat wisata,” tuturnya.

Dia mengimbau untuk yang mudik dan meninggalkan rumah agar berhati-hati. Yakinkan rumah dalam keadaan terkunci termasuk LPG, AC dan bila perlu dititipkan ke tetangga yang tidak mudik.

“Kemudian dalam perjalanan karena tol sudah bagus jangan ngantuk. Kalau ngantuk berhenti, ‘rest area’ menyediakan beberapa fasilitas untuk pemudik,” ujarnya. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Massa Aksi Baca Al-Quran di Sekitar Gedung MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sejumlah massa aksi tergabung dalam Gerakan...

17 Anggota Polres Biak Diperiksa Terkait Kematian Tahanan

BIAK, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kabupaten Biak Numfor, Papua,...

Empat SMP di Yogyakarta Sisakan Kuota PPDB Jalur Bibit Unggul

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sejumlah SMP negeri di Kota Yogyakarta masih...

Wagub Banten Minta FKUB Aktif Membantu Menghentikan Politisasi Agama

SERANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta...

PPDB di Jakarta Berjalan Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)...

TKN Sebut Dalil BPN Tentang Ajakan Berbaju Putih Cara Pandang Bias Anti-Petahana

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota tim hukum Tim Kampanye Nasional...

TERPOPULER