Bojonegoro Siaga Banjir Luapan Bengawan Solo

0
61
banjir
Banjir bandang. (ilustrasi)

BOJONEGORO, SERUJI.CO.ID – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, masih memberlakukan siaga banjir dengan ketinggian air di Bojonegoro 14,90 meter (siaga II-kuning), Sabtu (24/2) pukul 07.00 WIB.

“Meskipun ketinggian air di taman Bengawan Solo (TBS) Bojonegoro mulai menurun, akan tetapi kewaspadaan tetap dilakukan, sebab curah hujan selama Februari masih tinggi,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bojonegoro MZ. Budi Mulyono, di Bojonegoro, Sabtu (24/2).

Bahkan, menurut dia, curah hujan selama Februari, bahkan sampai Maret, karena masih tinggi berpotensi menimbulkan banjir luapan Bengawan Solo, banjir bandang dan tanah longsor.

Sebelum itu, ketinggian air di TBS sempat mencapai 15,06 meter (siaga III-merah) sejak sehari lalu, kemudian berangsur-angsur surut sejak pagi tadi dengan ketinggian air 14,90 meter.

BPBD, lanjut dia, mendistribusikan sembako untuk keperluan para pengungsi korban banjir yang tersebar di sejumlah lokasi pengungsian sejak sehari lalu.

Sembako yang didistribusikan, lanjut dia, beras, makanan siap saji, makanan tambah gizi, minyak goreng, telur juga yang lainnya.

Ia menyebutkan ada ratusan kepala keluarga (KK) korban banjir yang mengungsi di lima lokasi pengungsian di Kelurahan Ledokkulon, dan Desa Banjarjo, Kecamatan Kota, termasuk di gedung Serbaguna dan di Balai Desa Bogo, Kecamatan Kapas.

Laporan yang diterima BPBD menyebutkan genangan banjir luapan Bengawan Solo melanda 60 desa yang tersebar 11 kecamatan, antara lain, Kecamatan Kalitidu, Dander, Trucuk, Kota, Kapas, Kanor dan Kanor.

Warga terdampak banjir mencapai 1.249 kepala keluarga (KK), sebagian di antaranya, mengungsi di sejumlah lokasi pengungsian.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bersama Gerindra dan PKS, Nasdem Dukung Angket Pj Gubernur Jabar Yang Digulirkan Demokrat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai NasDem mendukung digulirkan Hak Angket untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...