55 Desa di Sukabumi Dilanda Bencana Kekeringan


SUKABUMI – Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hingga pertengahan September 2017 mencatat ada 55 desa mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih.

“55 Desa tersebut berada di 24 kecamatan yang tersebar baik di wilayah selatan maupun utara Kabupaten Sukabumi,” kata Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana di Sukabumi, Selasa (19/9).

Adapun beberapa kecamatan yang mengalami kekeringan seperti Kecamatan Warungkiara, Bantargadung, Palabuhanratu, Cireunghas, Cisolok, Cibadak, Cikakak dan lain-lain.

Untuk membantu warga yang mengalami kekeringan tersebut, BPBD sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti PDAM, relawan, PMI, Polres Sukabumi dan beberapa lembaga lainnya.

Dari puluhan desa yang mengalami kekeringan tersebut ada yang sudah masuk kategori parah, sedang, ringan dan rawan. Selain itu, warga tidak hanya sulit mencari air bersih, tetapi beberapa lahan pertanian sudah mengalami kekeringan.

“Kami berupaya melakukan penanggulangan agar bencana kekeringan ini tidak meluas, maka dari itu seluruh stakeholder yang bersangkutan agar turun tangan ikut membantu dan mencarikan solusi yang tepat,” tambahnya.

Yana mengatakan penanganan sementara untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih yakni dengan cara memasok air ke setiap daerah dengan menggunakan truk tangki. Penyaluran air bersih ini juga dibantu oleh Polres Sukabumi dan PMI Kabupaten Sukabumi.

Sementara, untuk penanggulangan lahan pertanian yang kekeringan, pihaknya mengupayakan sistem pompanisasi yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian setempat. Namun, upaya itu bisa dilakukan jika di sekitar lahan pertanian masih ada sumber air seperti sungai dan lain-lain. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close