Sesuai Aspirasi Warga, Pemprov Sultra Tolak Investasi Tambang di Pulau Wawonii

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Pulau Wawonii salah satu pulau di Sulawesi Tenggara yang kaya dengan deposit tambang nikel, kini dinyatakan sebagai daerah tertutup untuk investasi tambang. Oleh karena itu pulau Wawonii juga akan menolak investasi tambang yang akan diajukan siapapun.

Wagub Sulawesi Tenggara, H Lukman Abunawas kepada SERUJIi di Kendari, Kamis (4/4) menjelaskan investasi yang masuk ke wilayah Sulawesi Tenggara dalam 3 bulan terakhir ini cukup banyak, diantaranya investasi di sektor pertambangan nikel dengan lokasi penambangan di Pulau Wawonii.

“Tapi khusus untuk investasi pertambangan di Wawonii kami tidak akan ijinkan, baik sifatnya eksplorasi apalagi eksploitasi. Tidak boleh. Kenapa? Karena Wawonii tidak diproyeksikan sebagai areal pertambangan,” ujar Wagub Lukman Abunawas.

Warga Pulau Wawoni Lakukan Aksi Tolak Investasi Tambang

Pantai Kampa di Pulau Wawonii. (foto:istimewa)

Ia menambahkan, baru-baru ini masyarakat Pulau Wawonii juga sudah melakukan aksi demo besar-besaran ke Kantor Gubernur Sultra di Kendari. Masyarakat Wawonii minta semua ijin penambangan yang pernah diterbitkan untuk 15 usaha penambangan dibekukan, karena usaha penambangan itu dinilai telah merusak lingkungan dan menyusahkan masyarakat Wawonii.

“Kalau masyarakat Wawonii sendiri sudah menolak adanya izin penambangan di daerahnya, tentu Pemerintah Provinsi tidak bisa apa-apa lagi. Makanya tidak boleh ada izin investasi tambang di Wawonii,” sambung Wagun Sultra itu.

Pembuangan Limbah Salah Satu Alasan Masyarakat Pulau Wawonii Tolak Investasi Tambang

limbah di sungai
Ilustrasi pembuangan limbah ke sungai.

Bupati Konawe Kepulauan, H Amrullah sebelumnya menuturkan dalam 3 bulan terakhir daerahnya mendapat permohonan izin tambang nikel dari sejumlah pengusaha dalam dan luar negeri. Permohonan diteruskan ke pihak Provinsi, tetapi masyarakat sudah lebih dulu bereaksi menolak daerahnya dijadikan lokasi penambangan.

Salah satu sebab penolakan masyarakat, kata Amrullah, karena limbah penambangan umumnya dibuang ke laut, padahal masyarakat Wawonii sangat tergantung dengan ekosistem laut.

Masyarakat menilai limbah penambangan yang dibuang ke laut tidak saja merusak biota laut tetapi juga mematikan.

“Sebab sebab itu juga yang mengakibatkan 15 izin usaha penambangan di Wawonii kini ditutup permanen. Dan masyarakat menolak lagi setiap izin penambangan yang datang berikutnya,” tegas Bupati H Amrullah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.