Sesuai Aspirasi Warga, Pemprov Sultra Tolak Investasi Tambang di Pulau Wawonii

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Pulau Wawonii salah satu pulau di Sulawesi Tenggara yang kaya dengan deposit tambang nikel, kini dinyatakan sebagai daerah tertutup untuk investasi tambang. Oleh karena itu pulau Wawonii juga akan menolak investasi tambang yang akan diajukan siapapun.

Wagub Sulawesi Tenggara, H Lukman Abunawas kepada SERUJIi di Kendari, Kamis (4/4) menjelaskan investasi yang masuk ke wilayah Sulawesi Tenggara dalam 3 bulan terakhir ini cukup banyak, diantaranya investasi di sektor pertambangan nikel dengan lokasi penambangan di Pulau Wawonii.

“Tapi khusus untuk investasi pertambangan di Wawonii kami tidak akan ijinkan, baik sifatnya eksplorasi apalagi eksploitasi. Tidak boleh. Kenapa? Karena Wawonii tidak diproyeksikan sebagai areal pertambangan,” ujar Wagub Lukman Abunawas.

Warga Pulau Wawoni Lakukan Aksi Tolak Investasi Tambang

Pantai Kampa di Pulau Wawonii. (foto:istimewa)

Ia menambahkan, baru-baru ini masyarakat Pulau Wawonii juga sudah melakukan aksi demo besar-besaran ke Kantor Gubernur Sultra di Kendari. Masyarakat Wawonii minta semua ijin penambangan yang pernah diterbitkan untuk 15 usaha penambangan dibekukan, karena usaha penambangan itu dinilai telah merusak lingkungan dan menyusahkan masyarakat Wawonii.

“Kalau masyarakat Wawonii sendiri sudah menolak adanya izin penambangan di daerahnya, tentu Pemerintah Provinsi tidak bisa apa-apa lagi. Makanya tidak boleh ada izin investasi tambang di Wawonii,” sambung Wagun Sultra itu.

Pembuangan Limbah Salah Satu Alasan Masyarakat Pulau Wawonii Tolak Investasi Tambang

limbah di sungai
Ilustrasi pembuangan limbah ke sungai.

Bupati Konawe Kepulauan, H Amrullah sebelumnya menuturkan dalam 3 bulan terakhir daerahnya mendapat permohonan izin tambang nikel dari sejumlah pengusaha dalam dan luar negeri. Permohonan diteruskan ke pihak Provinsi, tetapi masyarakat sudah lebih dulu bereaksi menolak daerahnya dijadikan lokasi penambangan.

Salah satu sebab penolakan masyarakat, kata Amrullah, karena limbah penambangan umumnya dibuang ke laut, padahal masyarakat Wawonii sangat tergantung dengan ekosistem laut.

Masyarakat menilai limbah penambangan yang dibuang ke laut tidak saja merusak biota laut tetapi juga mematikan.

“Sebab sebab itu juga yang mengakibatkan 15 izin usaha penambangan di Wawonii kini ditutup permanen. Dan masyarakat menolak lagi setiap izin penambangan yang datang berikutnya,” tegas Bupati H Amrullah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi