PKPU HI Kaltim Terjunkan Tim Ketiga Bantu Korban Gempa Palu-Donggala

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID – PKPU Human Initiative (HI) Kalimantan Timur (Kaltim) memberangkatkan tim Ketiga menuju Palu melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Jumat (5/10/2018).

Dua tim sebelumnya sudah berangkat lebih dulu. Yakni, tim pertama berangkat Sabtu (1/10/2018), serta tim kedua berangkat pada Senin (3/10/2018) . Keberangkatan tim ketiga ini dalam rangka melakukan assesment lanjutan, kebutuhan warga terdampak gempa dan tsunami di Palu – Donggala.

Kepala Cabang PKPU HI Kaltim Hidayatullah, saat melepas tim ketiga menuju bandara menjelaskan,
secara bertahap PKPU HI Kaltim mengirimkan tim nya untuk melakukan aksi di Palu dan Donggala. “Sebagai salah satu wilayah yang terdekat dengan lokasi bencana,” ujarnya.

Pengiriman relawan segera dilakukan mengingat penanganan membutuhkan banyak dukungan di berbagai lini. Secara bertahap tim diturunkan, tim pertama dengan keahlian SAR terlibat aktif melakukan evakuasi, hingga saat ini telah menemukan 20 jenazah di daerah Mamboro, salah satu lokasi yang terdampak sangat parah.

Tim kedua menyusul dan berkoordinasi lanjutan dengan satuan petugas posko Makorem, serta turut mendukung dimulainya proses distribusi logistik dari Donggala menuju Sigi. Tim ketiga kembali diberangkatkan untuk mendukung assament lanjutan, kebutuhan dan pelaksanaan aksi di posko utama PKPU HI, maupun wilayah pelaksaanaan program.

Seperti diketahui, sebelumnya gempa dan tsunami yang menimpa Palu – Donggala pada Jumat (28/9/2018) mengakibatkan banyak korban meninggal dunia dan sebagian belum ditemukan. Sehingga, perlu dilakukan evakuasi segera mungkin.

Tim Respon cepat PKPU HI langsung tiba pada hari pertama terjadinya bencana, langsung melakukan assesment dan evakuasi korban. Hingga saat ini total ada 22 relawan PKPU HI yang turun langsung di Palu dan Donggala yang terdiri dari tim evakuasi, tim medis, serta tim distribusi. (PKPU/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tidak Larang Demo Saat Pelantikan, Jokowi: Dijamin Konstitusi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang ingin dilakukan masyarakat, menjelang dan saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, pada tanggal 20 Oktober mendatang.

La Nyalla: Kongres PSSI Merupakan Momentum Mengembalikan Kedaulatan Voters

"Dengan hak suaranya di kongres, voters lah yang akan menjadi penentu hitam putihnya sepakbola negeri ini. Sebab, voters-lah yang memilih 15 pejabat elit PSSI untuk periode 2019-2023. Yaitu Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum, dan 12 Exco," kata La Nyalla

Rhenald Kasali: CEO Harus Bisa Bedakan Resesi dengan Disrupsi

Pakar disrupsi Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengingatkan agar pelaku usaha dan BUMN bisa membedakan ancaman resesi dengan disrupsi. Terlebih saat sejumlah unicorn mulai diuji di pasar modal dan beralih dari angel investor ke publik.

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi