PKPU HI Kaltim Terjunkan Tim Ketiga Bantu Korban Gempa Palu-Donggala

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID – PKPU Human Initiative (HI) Kalimantan Timur (Kaltim) memberangkatkan tim Ketiga menuju Palu melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Jumat (5/10/2018).

Dua tim sebelumnya sudah berangkat lebih dulu. Yakni, tim pertama berangkat Sabtu (1/10/2018), serta tim kedua berangkat pada Senin (3/10/2018) . Keberangkatan tim ketiga ini dalam rangka melakukan assesment lanjutan, kebutuhan warga terdampak gempa dan tsunami di Palu – Donggala.

Kepala Cabang PKPU HI Kaltim Hidayatullah, saat melepas tim ketiga menuju bandara menjelaskan,
secara bertahap PKPU HI Kaltim mengirimkan tim nya untuk melakukan aksi di Palu dan Donggala. “Sebagai salah satu wilayah yang terdekat dengan lokasi bencana,” ujarnya.

Pengiriman relawan segera dilakukan mengingat penanganan membutuhkan banyak dukungan di berbagai lini. Secara bertahap tim diturunkan, tim pertama dengan keahlian SAR terlibat aktif melakukan evakuasi, hingga saat ini telah menemukan 20 jenazah di daerah Mamboro, salah satu lokasi yang terdampak sangat parah.

Tim kedua menyusul dan berkoordinasi lanjutan dengan satuan petugas posko Makorem, serta turut mendukung dimulainya proses distribusi logistik dari Donggala menuju Sigi. Tim ketiga kembali diberangkatkan untuk mendukung assament lanjutan, kebutuhan dan pelaksanaan aksi di posko utama PKPU HI, maupun wilayah pelaksaanaan program.

Seperti diketahui, sebelumnya gempa dan tsunami yang menimpa Palu – Donggala pada Jumat (28/9/2018) mengakibatkan banyak korban meninggal dunia dan sebagian belum ditemukan. Sehingga, perlu dilakukan evakuasi segera mungkin.

Tim Respon cepat PKPU HI langsung tiba pada hari pertama terjadinya bencana, langsung melakukan assesment dan evakuasi korban. Hingga saat ini total ada 22 relawan PKPU HI yang turun langsung di Palu dan Donggala yang terdiri dari tim evakuasi, tim medis, serta tim distribusi. (PKPU/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER