Penjabat Gubernur: Atmosfer Politik Sulsel Mulai Memanas

0
31
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono (foto:istimewa)

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono mengakui atmosfer politik di provinsi ini mulai memanas.

“Di Sidrap orang sudah lempar-lemparan batu, ini menunjukkan atmosfer Sulsel mulai memanas,” kata Soni di Makassar, Senin (16/4).

Untuk mengantisipasi agar kondisi Sulsel tidak semakin memanas, Soni mengajak para birokrat termasuk di dalamnya aparatur sipil negara (ASN) untuk turut berperan menyejukkan suasana.

Ia meminta para ASN tidak terpancing ikut memanaskan suasana di Sulsel dengan menyebarkan berita-berita hoaks atau yang memiliki unsur suku agama ras dan antargolongan (SARA).

“Kalau sifatnya SARA, jangan diunggah, jangan dibagikan, kalau perlu langsung dihapus, itu bisa membantu berkontribusi dalam menjaga ketenteraman,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan ASN tetap bersifat netral, termasuk di media sosial.

“Kalau anda mengunggah sesuatu terkait pasangan calon, termasuk menyukai (like), itu sudah tidak netral,” kata Soni.

Untuk menyejukkan suasana, Soni juga meminta organisasi perangkat daerah (OPD) lebih banyak melakukan kegiatan yang bersifat sosial dan budaya.

Pihaknya, kata Soni, sudah meminta Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata untuk menggelar lomba cipta Mars Revolusi Mental dan Mars Sulsel, sebagai salah satu upaya mengurangi tensi politik di Sulsel.

“Jadi bagaimana kita ini bisa menjadi ‘air conditioner’ di tengah masyarakat,” katanya.

Hari ini, Senin (16/4), Soni juga dijadwalkan menemui Pangdam, Kapolda, serta Ketua KPU dan Bawaslu Sulsel.

Sebelumnya, pada Sabtu (14/4) terjadi bentrok antara massa pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Sidrap Dollah Mando-Mahmud Yusuf (Doamu) dengan pendukung Fatmawati Rusdi-Abdul Majid (Fatma) di Kabupaten Sidrap, Sulsel. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...