MENU

Pemprov Sulut Tingkatkan Layanan Publik dengan E-Government

MANADO, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berupaya meningkatkan pelayanan publik melalui “e-Government” yang akan diterapkan di 39 organisasi perangkat daerah (OPD).

“Salah satu poin penting menuju e-Government adalah e-Planning, satu perencanaan berbasis IT yang akan memudahkan pemerintah melakukan pengawasan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Edwin Silangen di Manado, Kamis (4/4).

Dengan aplikasi ini, pengawasan dapat dilakukan dari proses perencanaan, visi dan misi, sampai pada program dan kegiatan terstruktur, semuanya terekam dalam satu aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Perencanaan.

“E-Planning”, lanjut dia, nantinya akan tersinkronisasi dengan “e-Budgeting” yang memudahkan perencanaan dan pengelolaan keuangan.

“Manfaat aplikasi ini yaitu tidak tidak sesuai prosedur yang ada dalam sistem,” ujarnya.

Menurut dia, peningkatan kapasitas personel yang mengoperasikan aplikasi ini menjadi penting sehingga harapan mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik terwujud.

“Harapannya, personel yang ada di 39 OPD dapat mengoperasikan aplikasi ini sehingga memudahkan pekerjaan,” harapnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Asiano Gammy Kawatu menambahkan, “e-Budgeting” dan “e-Planning” akan meningkatkan kualitas kinerja yang transparan dan akuntabel.

“Dijadwalkan per 1 Januari 2019 seluruh OPD sudah menerapkan sistem perencanaan yang terintegrasi dengan Simda ini,” katanya. (Ant/SU02)

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

TERPOPULER