Pegawai Kementan Galang Donasi Capai Rp10 Miliar untuk Korban Gempa Sulteng

0
13
  • 1
    Share
Andi Amran Sulaiman (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penggalangan donasi dengan jumlah sementara mencapai Rp10 miliar untuk korban terdampak gempa bumi berkekuatan 7,4 SR dan tsunami pada Jumat (28/9) di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Kami punya pegawai kurang lebih 27 ribu orang. Saya kira kalau semuanya menyumbang Rp10 ribu hingga Rp50 ribu itu ringan bagi mereka. Alhamdulillah hingga hari ini untuk gempa Palu sudah Rp10 miliar untuk dua daerah gempa,” kata MentanĀ Andi Amran Sulaiman usai menjadi inspektur upacara di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Senin (1/10).

Amran menjelaskan bantuan sementara yang sudah mencapai Rp10 miliar tersebut, ada yang menyumbang dalam bentuk uang, maupun bahan makanan seperti minyak goreng, telur ayam, beras, tenda dan selimut.

Menurut dia, meski Sulawesi Tengah memiliki lahan tanaman pangan seperti padi dan jagung serta tanaman perkebunan kakao, bencana gempa bumi berkekuatan 7,4 SR diikuti tsunami di Donggala ini tidak berpengaruh pada produksi pangan nasional.

“Di sana kan banyak perkebunan kakao, ada jagung dan seterusnya. Kami yakin tidak berpengaruh karena secara nasional itu relatif kecil,” kata Amran.

Amran pun menyampaikan duka terdalamnya kepada korban meninggal dunia yang mencapai lebih dari 800 jiwa (menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

“Penduduk yang bergerak di sektor pertanian adalah 60 sampai 70 persen. Sehingga itu kami anggap duka Donggala, duka Palu adalah duka Kementerian Pertanian dan duka Indonesia,” kata dia. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU