Lantamal Jayapura Kembangkan Wisata Edukasi Pantai Hamadi

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Pangkalan Utama AL (Lantamal) X Jayapura hendak mengembangkan wisata edukasi di bibir pantai Hamadi, Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Komandan Lantamal X Jayapura Kolonel Marinir Ipung Purwadi, di Jayapura, Ahad (21/1), mengatakan pengembangan wisata edukasi di bibir pantai Hamadi perlu dilakukan, mengingat kawasan tersebut merupakan salah satu tempat pendaratan tentara sekutu pada Perang Dunia (PD) II.

“Di bibir pantai Hamadi ini terdapat berbagai peninggalan barang-barang bersejarah masa PD II yang perlu dilestarikan, hal ini yang membuat Lantamal X Jayapura merasa perlu dikembangkan menjadi daerah wisata edukasi bagi para pelajar dan warga Kota Jayapura,” katanya.

Menurut dia, di bibir pantai Hamadi yang tak jauh dari lokasi Lantamal X, terdapat tiga unit tank dan panser peninggalan tentara sekutu yang telah menjadi monumen bersejarah dan selalu dibersihkan oleh petugas karena benda-benda tersebut merupakan saksi bisu sejarah beberapa puluh tahun lalu di Papua, khususnya di Kota Jayapura.

“Nantinya di bibir pantai tersebut akan kami tata sejumlah tempat duduk, tempat bermain untuk anak-anak dan mungkin ada kuliner khas nusantara dan Papua. Semuanya kami akan berdayakan masyarakat sekitar, agar rasa memiliki benda bersejarah dan tempat wisata edukasi ini,” katanya.

Hanya saja, kata mantan Atase Pertahanan (Athan) di Mesir itu, Lantamal X Jayapura harus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan agar agenda pengembangan wisata di bibir pantai Hamadi bisa segera diwujudkan secepatnya.

Apalagi, pada 2020 nanti Kota Jayapura merupakan salah satu daerah yang akan menjadi tempat pelaksanaan PON ke-XX.

“Dalam pengembangan wisata edukasi ini, Lantamal X Jayapura tidak akan bekerja sendiri, kami akan menggandeng para pemangku kepentingan untuk ikut terlibat. Salah satunya dengan Pemerintah Kota Jayapura sebagai pemilik kawasan dan juga pihak lainnya,” katanya.

Mengenai bibir pantai yang terlihat mulai terjadi abrasi, Ipung mengakan hal itu yang akan segera dikerjakan oleh pihaknya sehingga pengembangan wisata edukasi bisa segera terlaksana.

“Harapannya pemerintah daerah, atau Kota Jayapura bisa ikut membantu untuk pengembangan wisata edukasi ini. Bibir pantai Hamadi perlu pencegahan abrasi dari air laut. Kami akan segera menyurat kepada beberapa pihak agar bisa bersinergi untuk pengembangan wisata di Kota Jayapura,” katanya. (Ant/Su03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O