Aksi 1000 Lilin Untuk Ahok di Pontianak Dibubarkan Aparat

PONTIANAK – Pada Ahad (14/5/2017) digelar “Aksi 1000 Lilin untuk Ahok” di beberapa tempat di Kalimantan Barat sebagai bentuk dukungan kepada Ahok.

Di Kabupaten Sintang, sekitar ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Aliansi Masyarakat Sintang yang terdiri dari Front Pembela Dayak, Pemuda Katholik, GMKI, PMKRI, Kalangan Umat Gereja, Aliansi Mahasiswa Islam, dan organisasi mahasiswa se Kabupaten Sintang melakukan aksi 1000 lilin di Taman Entuyut, Jalan PKP Mujahidin Tugu BI Sintang Kota, mulai pukul 18.00 WIB.

Massa menggelar aksi “1000 Lilin untuk Ahok” di Taman Entuyut, Kab. Sintang

Mereka menuntut agar Ahok segera dibebaskan. Tampak hadir di tengah massa, Ketua DPRD Kab. Sintang Jefray Edward, yang juga selaku Ketua Dewan Adat Dayak, memberikan orasi pada saat aksi berlangsung.

Pembakaran lilin di jalan sekitar taman

Di Pontianak, ratusan massa aksi berkostum merah berkumpul di Taman Digulis Untan, jelang senja. Mereka juga merencanakan aksi seribu lilin sebagai bentuk dukungan kepada Ahok. Namun massa kemudian dibubarkan karena sudah melewati batas sampai pukul 18.00 WIB.

Namun ternyata ada lagi kelompok massa yang mau coba-coba seusai waktu magrib. Sebagian massa memang mencoba bertahan, ditambah yang terus berdatangan dengan rencana aksi menyalakan lilin. Berlangsung hingga pukul 19.00.

Polisi dan TNI mencoba membubarkan paksa. Namun mereka bersikeras bertahan di sekitar lokasi. Kendaraan taktis Polda Kalbar berupa water cannon bergerak untuk menembakkan air, membuat massa yang tersisa bubar tunggang langgang dari Taman Digulis.

Massa terdesak ke lapangan parkir taman dan halaman kantin Untan. Aparat keamanan terus menghalau massa yang masih mencoba berada di lokasi. Massa akhirnya benar-benar membubarkan diri.

Dari “Aksi 1000 Lilin untuk Ahok” di berbagai tempat di Kalimantan Barat akhirnya hanya meninggalkan sampah berupa kerak lilin yang bertebaran di jalan setelah aksi berlangsung. Masyarakat sangat khawatir dengan bekas – bekas lilin yang ada di jalan karena akan mengganggu pengendara motor akibat lintasan menjadi licin.

Ilustrasi – sampah kerak lilin yang lengket dan bertebaran di jalan.

 

CJ & FOTO: Muhammad Alfin Noor
EDITOR: Iwan Y

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.