Puting Beliung Luluh Lantakkan Ratusan Rumah di Bogor

BOGOR, SERUJI.CO.ID – Angin puting beliung melanda wilayah Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (6/12) sekitar pukul 15.30 WIB. BMKG Stasiun Klimatologi mencatat kecepatan angin mencapai 30 knot (50 kilometer per jam).

Akibat hantaman puting beliung, ratusan rumah warga di empat kelurahan di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, dilaporkan rusak.

“Data sementara ada 770 rumah yang rusak, baik berat maupun ringan. Terbanyak di Kelurahan Cipaku, Pamoyanan, Batu Tulis, dan Lawang Gintung.” kata kata Camat Bogor Selatan, Sujadmiko saat ditemui di Cipaku, Kamis (6/12) malam.

Ia mengatakan, kerusakan rumah warga didominasi pada bagian atap yang diterbangkan puting beliung.

Terjangan angin puting beliung yang menerbangkan ratusan atap rumah warga bisa dilihat dalam sebuah video yang diunggah Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam laman Twitternya.

Beberapa warga yang rumahnya rusak diungsikan sementara di masjid-masjid terdekat. Total ada sekitar empat masjid yang kini ditempati warga seperti di Kelurahan Cipaku, Batu Tulis, dan Lawang Gintung.

“Kami juga sudah mendirikan posko dengan tenda bantuan Polresta Bogor untuk memudahkan mobilisasi bantuan dan informasi warga,” katanya.

Angin puting beliung juga menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik. Pohon itu menimpa kendaraan.

Di depan ruko di Jalan Batutulis No 110, ada 6 kendaraan yang ringsek akibat tertimpa pohon. Di titik kedua, di Jalan Siliwangi No 59, ada mobil Carry bernomor polisi F-1371-CH yang juga ringsek berat tertimpa pohon kenari.

Suasana porak-poranda juga tampak di Jl Saleh Danasasmita yang berlokasi tidak jauh dari Stasiun Batu Tulis.

Sementara itu beberapa warga masih bertahan di luar rumah, dan ada juga yang memilih mengungsi di rumah saudara terdekatnya. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Ghazwul Fikri dan Media

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.