KPAI Siap Kawal Kasus Tewasnya Anak di Acara Pembagian Sembako

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Sitti Hikmawatty mengatakan KPAI mendampingi keluarga korban anak yang tewas dalam acara pembagian sembako di Monumen Nasional, Jakarta, pekan lalu.

Insiden tewasnya bocah berinisial AR dan MJ itu diduga karena terinjak-injak oleh massa yang membanjiri kegiatan pembagian sembako.

“Setelah dilakukan peninjauan ke lokasi, kuasa hukum keluarga korban meminta pendampingan KPAI,” kata Hikmah saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (3/5).

Ia mengatakan bahwa kuasa hukum keluarga korban awalnya bekerja sendiri. Akan tetapi, ketika KPAI mendatangi, kemudian komisi negara untuk anak diminta turut membantu advokasi keluarga korban.

Atas permintaan itu, dia mengatakan bahwa pihaknya siap mengawal kasus tersebut.

“KPAI kawal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi,” katanya.

KPAI sendiri akan memanggil panitia penyelenggara pembagian sembako di Monas itu, Jumat (4/5), guna meminta klarifikasi atas insiden yang merenggut nyawa dua bocah tersebut.

Dari pengakuan ibu korban AR, kata dia, dalam insiden tewas anaknya itu panitia pembagian sembako tidak siap menyelenggarakan acara yang dihadiri massa yang besar.

Baca juga: Ibu Korban Kasus Pembagian Sembako Laporkan Panitia FUI ke Bareskrim

Salah satu tolok ukurnya, kata dia, fasilitas kesehatan dan keamanan tidak seimbang dengan jumlah massa yang datang.

“Seusai AR terinjak dan butuh pertolongan, AR dibawa ke tenda media untuk mendapat pertolongan tetapi pos kesehatan kosong dan tidak ada tenaga medis,” katanya.

Hikmah mengatakan bahwa ibu dari AR juga sulit membedakan peserta dan panitia karena tidak ada atribut yang jelas, terlebih rasio jumlah panitia tampak tidak sebanding dengan peserta.

“Organisasi dari panitia tergolong riskan. Seharusnya bisa diperkirakan berapa jumlah panitia yang diperlukan untuk jumlah massa tertentu. Apalagi, kupon pembagian sembako juga sudah diperhitungkan dan disebar,” katanya.

Ibu dari AR masih terpukul dengan kejadian tewasnyacsang buah hati dan beberapa kali pingsan serta tidak mau makan.

Begitu juga dengan keluarga MJ yang masih terguncang dengan insiden itu. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER