Beroperasi Hingga Pukul 22.01, Mulai Hari Ini MRT Jakarta Berbayar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Mulai hari ini, Senin (1/4) masyarakat pengguna MRT Jakarta sudah dikenakan biaya perjalanan yang besaran tarifnya telah disepakati antara Pemprov DKI Jakarta dengan DPRD DKI.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaludin mengatakan, dengan beroperasinya MRT secara komersial mulai Senin (1/4) maka MRT akan beroperasi dari pukul 05.30 WIB hingga pukul 22.01 WIB.

“Mulai 1 April 2019, MRT sudah mulai berbayar dan akan beroperasi hampir 17 jam,” kata Kamaludin lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad (31/3).

Pemberangkatan awal, jelas Kamaludin, akan dimulai setiap hari dari stasiun Lebak Bulus pada pukul 05.30 WIB, dan kereta terakhir akan berangkat dari stasiun Bundaran HI pada pukul 22.01 WIB.

Tiket MRT Dapat Dibeli dengan Beberapa Macam Alat Pembayaran

Presiden Jokowi bersama Gubernur DKI Anies Baswedan didamping sejumlah Menteri meresmikan dimulainya operasi MRT Fase I, di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (24/3/2019). (foto:Antara)

“Masyarakat dapat memilih beberapa alternatif metode pembayaran. Pertama dengan kartu MRT Jakarta Jelajah Single Trip yang dapat diperoleh di mesin tiket otomatis (ticket vending machine) atau loket tiket (ticket sales office) yang ada di seluruh Stasiun MRT Jakarta,” jelasnya.

Kedua, lanjutnya, dengan kartu Uang Elektronik Bank yaitu JakLingko, E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Tap Cash (Bank BNI), Flazz (Bank BCA), dan JakartaOne (Bank DKI) yang dapat diperoleh dari masing-masing bank dimaksud.

“Adapun Kartu MRT Jakarta Jelajah Multi Trip, belum diperjualbelikan karena dalam proses perizinan,” ucapnya.

Dua kebijakan tersebut merupakan tindak lanjut dari fase uji coba publik dan empat hari awal pengoperasian (25-28 Maret) yang merupakan periode gratis.

Jumlah Penumpang Masa Uji Coba Melebihi Target

MRT Jakarta (foto:MRT Jakarta)

Jumlah penumpang Ratangga (nama resmi kereta MRT) telah mencapai total 332.184 orang atau rata-rata 83.046 penumpang per hari. Jumlah tersebut melebihi target sebanyak 65.000 penumpang/hari selama periode gratis.

MRT Jakarta untuk sementara melayani rute Lebak Bulus hingga Bundaran HI yang merupakan jalur fase I dalam koridor Selatan ke Utara (yang akan berakhir di Kota Tua Jakarta) dengan 13 stasiun di dalamnya.

Tarif MRT Ditetapkan Rp10.000 per Sepuluh Kilometer

Tarif MRT Jakarta. (istimewa)

Untuk tarifnya, Pemprov DKI Jakarta menetapkan harga Rp10 ribu per sepuluh kilometer. Berdasarkan tarif tersebut, harga termurah yang dibayar penumpang adalah Rp3.000 sementara yang termahal pada jalur tahap I ini adalah Rp14.000, yakni dari stasiun Lebak Bulus ke Bundaran HI atau sebaliknya.

Hingga Ahad (31/3) pagi, Peraturan Gubernur (Pergub) soal tarif MRT belum dirilis meski pada Sabtu (30/3), Anies menyatakan sudah selesai sejak Jumat (29/3) sore.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.