Bawaslu DKI Jakarta Belum Terima Laporan Dugaan Kecurangan Pemilu

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta, Puadi menyatakan pihaknya belum menerima laporan dari beberapa partai yang mengemukakan dugaan kecurangan pemilu untuk DPRD Jakarta Selatan.

“Jadi terkait masalah ini, baru Partai Hanura dan Golkar saja,” ujar Puadi di kantor Bawaslu DKI Jakarta di Sunter Jakarta Utara, seperti yang dilansir dari Antara, Selasa (14/5).

Padahal, sejumlah partai yang yang mempunyai wacana akan melaporkan dugaan kecurangan tersebut adalah PKS, Partai Hanura, Partai Perindo dan PPP.

Sebelumnya, saksi dari keempat partai itu mengungkapkan dugaan perbedaan perolehan suara antara data pada formulir DB-1 milik KPU dengan data internal partai masing-masing pada pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi, Kamis (9/5) dan Jumat (10/5).

Dua partai yang disebut Puadi itu pun belum menyerahkan laporan resmi, melainkan baru mengirimkan surat terkait dugaan kecurangan tersebut.

“Artinya ini kami sedang mengkonfirmasi agar surat ini dibalas sesuai dengan penyampaian surat, namun nanti kami sampaikan mekanismenya diatur lewat mekanisme laporan,” ujar Puadi.

Adapun mekanisme laporan yang dimaksud adalah penyertaan bukti-bukti berupa data yang valid.

Selanjutnya, Puadi menuturkan bahwa tindak lanjut atas laporan peserta pemilu itu akan dilakukan berdasarkan regulasi yang tercantum dalam Undang-undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Pasal-pasal yang dirujuk oleh Puadi untuk menindaklanjuti laporan kecurangan pemilu adalah pasal 461 tentang pelanggaran administrasi serta pasal 532 tentang pelanggaran pidana pemilu.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER