Peringati Hari Juang Kartika ke-72, TNI Lakukan Penghijauan

0
66
Hari Juang Kartika
Kodim 1601 Sumba Timur saat melakukan penghijauan di Desa Kambata Wundut. (Foto: Habibudin/SERUJI)

SUMBA, SERUJI.CO.ID – Memperingati Hari Juang Kartika ke-72, Komando Distrik Militer (Kodim) 1601 Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan penghijauan di Desa Kambata Wundut, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, pada Sabtu (9/12).

Kegiatan itu dilaksanakan oleh jajaran anggota Kodim1601/ST bekerjasama dengan Balai Nasional Taman Matalawa serta diikuti 250 orang yang terdiri dari Polri, perangkat desa, anggota Pramuka dan siswa-siswi SMP/SMA.

“Penghijauan yang dilaksanakan Kodim 1601 adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan menanam 1500 anakan pohon, diantaranya Mahoni, Gamalina, Trembesi, dan Turi dengan luas area sekitar 3 hektar lebih,” kata Komandan Rayon Militer (Koramil) Kapten Inf Sambudi kepada SERUJI, Sabtu (9/12).

Loading...

Dia menjelaskan, tindakan ini untuk mengantisipasi meningkatnya pemanasan global yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi dan suhu panas. Juga untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap lingkungannya.

“Fenomena alam yang ditandai dengan hujan dan panas sulit diprediksi, namun musim hujan saat ini sangat tinggi bisa menimbulkan banjir dan tanah longsor, jadi kita giatkan penghijauan di lahan yang gundul,” ucapnya.

Kapten Sambudi menghimbau, kepada masyarakat yang berada di wilayah Desa Kambata Wundut dan lereng-lereng perbukitan untuk tidak menebang pohon secara sembarangan atau membakar hutan ketika musim kemarau dengan alasan membuka lahan pertanian baru. (Habibudin/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama