Rupiah Terus Merosot, PKS: Mustahil Target Pertumbuhan Ekonomi Tercapai

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Anggota Komisi XI Fraksi PKS, Ecky Awal Mucharram menganggap nilai Rupiah yang terus merosot signifikan akan berbahaya bagi perekonomian Indonesia.

Menurut Ecky, instabilitas mata uang akan memengaruhi pemerintah, dunia usaha, investor, dan sektor keuangan.

“Ujungnya akan terekam pada pertumbuhan ekonomi. Target pemerintah menggenjot pertumbuhan sebesar 5,4 persen hampir mustahil tercapai,” kata Ecky lewat keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (6/7).

Sebagaimana diketahui, nilai tukar Rupiah terhadap USD telah merosot jauh dari target APBN 2018 sebesar Rp 13.400. Saat, USD telah mendekati angka Rp 14.500, yaitu di Rp14.415 per USD.

Ecky mengingatkan bahwa depresiasi Rupiah akan memengaruhi postur APBN yang sudah ditetapkan pemerintah. Akan ada perubahan pada banyak pos, terutama pada pembayaran bunga utang.

“Saat ini saja, bunga utang sudah mencakup 10 persen dari belanja pemerintah pusat. Tentu akan melonjak jika Rupiah jatuh,” katanya.

Menurutnya, hal ini sudah mulai terasa sejak tahun lalu, yang diperparah juga dengan lonjakan belanja subsidi BBM. Hal ini akan berdampak pada defisit anggaran yang melebar dengan menambah utang atau memotong belanja.

‚ÄúDari sisi dunia usaha pelemahan menyebabkan mereka menahan belanja modal dan barang. Biaya impor industri turut melambung terutama pada bahan baku atau modal. Ini akan mengubah rencana bisnis mereka termasuk mengurangi jumlah karyawan. Dampaknya dari sisi suplai, output ekonomi akan lebih rendah dari seharusnya. Begitu juga di sisi demand, inflasi yang dipacu impor akan melemahkan daya beli,” ungkapnya.

18 KOMENTAR

  1. Nguap2nya persis orang kentut….apa sih yg sdh loe pade lakukan untuk kesejahteraan rakyat ? Cuma koar2 mah sambil berak juga bisa….atau kalau emang pinter…kasih masukan yg baik kepemerintah. Membangin bangsa itu tanggung jawab bersama….kalau cuma koar2….minumracun aja…
    Ape loe !!!

    • Tugas pemerintah menyejahterahkan rakyat jangan ngomong apa yang telah dilakukan orang untuk rakyat
      Kalo tak sanggup waktu nyalon programnya apa, janjinya apa
      Kalo janji dan program nggak bisa menyejahterakan rakyat terus nyinyir ya wajar aja
      Santai aja nggak mungkin juga yang ngritik akan kerja karena pemerintah kan cuma satu
      Paling benar mundur aja sueuh yang teriak ganti kerja lihat hasilnya
      Hhhhh kali pemwrintah mau …. hhhh
      #santai aja bos#

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Penggratisan Suramadu: Memperdalam Kekeliruan Kebijakan Pemerintah

"Kebijakan ini dibangun di atas paradigma benua, bertentangan dengan paradigma kepulauan. Dalam paradigma benua, kapal bukan infrastruktur, tapi jalan dan jembatan. Kapal disamakan dengan truk dan bis," Prof Danie Rosyid.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER