TNI-Polri Diminta Antisipasi Kerawanan Pilkada di Sumut

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Kegiatan Pilgub Sumut dan Pilkada di delapan kabupaten/kota wilayah Sumatera Utara 2018 akan digelar dalam waktu dekat. Personel TNI-Polri diingatkan agar mengantisipasi terjadinya kerawanan seperti money politic dan black campaign.

“Setiap tahapan Pilkada memiliki berbagai kerawanan gangguan kamtibmas yang harus dijaga, antisipasi, dan tanggulangi bersama,” kata Kapolda Sumut, Irjen Paulus Waterpauw usai Apel Gelar Pasukan “Operasi Mantap Praja Toba-2018 Polda Sumut” di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (6/1).

Irjen Paulus menyebutkan tak hanya Pilgub Sumut, Pilkada di beberapa tempat di Sumut juga digelar dalam waktu dekat yakni Pilkada Kabupaten Langkat, Dairi, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Batu Bara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Kota Padang Sidimpuan.

“Sehingga Operasi Mantap Praja Toba 2018, akan dilaksanakan mulai dari pendaftaran penetapan pasangan calon pada 8 Januari 2018 – 9 Juli 2018, rekapitulasi hasil penghitungan suara sampai penetapan dan pelantikan kepala daerah,” pungkasnya.

Karena itu, selama penyelenggaraan Pilgub dan Pilkada di delapan wilayah tersebut, tambah Irjen Paulus, sebanyak 13.544 personel gabungan TNI-Polri disiagakan untuk melakukan pengamanan yakni Polda Sumut ada 3.355 Personel, dan Satgas kewilayahan 10.189 Personel.

“Karena itu, netralitas TNI-Polri serta unsur penyelenggara Pilkada seperti KPU, Bawaslu dan Panwaslu harus dijaga. Personel harus tingkatkan koordinasi dan kerja sama antar penyelenggara dan petugas keamanan,” pungkasnya.

Apel pengamanan dihadiri seluruh unsur yakni Pangdam l/BB, Mayjen TNI Cucu Sumantri, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, Ketua Bawaslu, Syafrida Rasahan, dan pasukan TNI-Polri. (Mica/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Form Konsultasi Hukum SERUJI

Untuk berkonsultasi dengan para pakar pengasuh rubrik "Konsultasi Hukum SERUJI" (KHS) silahkan isi form ini selengkap mungkin dan dengan data yang benar. Seluruh data kami jamin terjaga kerahasiaannya.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O