Persediaan Makanan Menipis, Warga Pambotanjara Cari Ubi Hutan

SUMBA TIMUR, SERUJI.CO.ID – Musim kemarau yang melanda sebagian wilayah kabupaten Sumba Timur, NusaTenggara Timur (NTT) tepatnya di desa Pambotanjara, telah menyebabkan gagal panen, dan berakibat menipisnya persediaan makananan. Sehingga memaksa warga mencari ubi hutan (Iwi) yang berada dilereng-lereng gunung untuk dimakan.

“Warga sudah tidak ada makanan, terpaksa pergi cari ubi hutan untuk di makan karena tidak ada lagi persediaan makanan dirumah,” kata seorang warga desa Pambotanjara, Ama Kala Katuhi, ketika ditemui SERUJI, Selasa (17/10)

Menurut Ama Kala, tahun ini warga menghadapi musim kemarau panjang yang melanda beberapa wilayah di Sumba Timur termasuk desa Pambotanjara, padahal desa Pambotanjara salah satu desa penghasil pertanian.

Sementara warga lainnya Markus Anatondu menuturkan, menipisnya cadangan makanan warga membuat warga terpaksa mencari ubi hutan (Iwi), sedangkan ubi hutan itu berbahaya. Untuk menyiasatinya warga membersihkan ubi tersebut terlebih dahulu selama berhari-hari, baru dapat di makan.

“Kami harap dengan persoalan ini pemerintah daerah dapat memperhatikan warga yang terkena dampak kekeringan, dengan menipisnya persediaan makanan dan mengakibatkan warga mengkonsumsi ubi hutan. Jika salah dikerjakan, bisa fatal,” jelasnya.

(Habibudin/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER