Persediaan Makanan Menipis, Warga Pambotanjara Cari Ubi Hutan

0
101
  • 30
    Shares
Warga Pambotanjarasedang menggali ubi hutan (Iwi) di lereng gunung (Foto:Habibudin/SERUJI)   

SUMBA TIMUR, SERUJI.CO.ID – Musim kemarau yang melanda sebagian wilayah kabupaten Sumba Timur, NusaTenggara Timur (NTT) tepatnya di desa Pambotanjara, telah menyebabkan gagal panen, dan berakibat menipisnya persediaan makananan. Sehingga memaksa warga mencari ubi hutan (Iwi) yang berada dilereng-lereng gunung untuk dimakan.

“Warga sudah tidak ada makanan, terpaksa pergi cari ubi hutan untuk di makan karena tidak ada lagi persediaan makanan dirumah,” kata seorang warga desa Pambotanjara, Ama Kala Katuhi, ketika ditemui SERUJI, Selasa (17/10)

Menurut Ama Kala, tahun ini warga menghadapi musim kemarau panjang yang melanda beberapa wilayah di Sumba Timur termasuk desa Pambotanjara, padahal desa Pambotanjara salah satu desa penghasil pertanian.

Sementara warga lainnya Markus Anatondu menuturkan, menipisnya cadangan makanan warga membuat warga terpaksa mencari ubi hutan (Iwi), sedangkan ubi hutan itu berbahaya. Untuk menyiasatinya warga membersihkan ubi tersebut terlebih dahulu selama berhari-hari, baru dapat di makan.

“Kami harap dengan persoalan ini pemerintah daerah dapat memperhatikan warga yang terkena dampak kekeringan, dengan menipisnya persediaan makanan dan mengakibatkan warga mengkonsumsi ubi hutan. Jika salah dikerjakan, bisa fatal,” jelasnya.

(Habibudin/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU