Gempa 5,5 SR Guncang Kabupaten Waropen Papua

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan Gempa berkekuatan 5,5 skala Richter mengguncang Kabupaten Waropen, Provinsi Papua pada Sabtu malam sekitar pukul 21:57:28 WIB.

Gempa berada 29 km sebelah Tenggara Waropen tepatnya di 2,94 Lintang Selatan – 136,92 Bujur Timur, dengan pusat gempa berada di kedalaman 90 km. Belum ada laporan kerusakan yang dialami.

BMKG dalam laman resminya memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, karena pusat gempat berada jauh di daratan.

Secara umum, Indonesia pada bulan Maret ini telah diguncang beberapa kali gempa bumi, dengan kekuatan 5,0 SR atau lebih besar, sebanyak 17 kali di berbagai daerah. Sebagian besar gempa tersebut terjadi di Maluku dengan frekuensi sebanyak lima kali.

EDITOR: Harun S

4 KOMENTAR

  1. Tahun 2006, gempa besar melanda Aceh.
    Tahun 2009, gempa besar melanda Sumatera Barat.
    Tahun 2012, gempa besar melanda Jogjakarta.
    Tahun 2016, kembali Aceh diguncang gempa besar.
    Tahun 2017, kini giliran Papua dilanda gempa besar.

    Sesungguhnya gempa adalah salah satu tanda kiamat. Dimana gempa kecil saja mampu membuat berjuta manusia kalang kabut dan hilang arah.
    Mari kita senantiasa memperbanyak istighfar dan muhasabah diri. Semoga Allah Taala mengampuni dosa dan kesalahan kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close