Abaikan Polemik, Panglima TNI Perintahkan Nobar Film G30S/PKI

BLITAR – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan tidak peduli terhadap polemik pemutaran film sejarah pemberontakan Partai Komunis Indonesia pada 30 September 1965 yang dikenal dengan istilah Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

“Ya.. Perintah saya, mau apa memangnya,” jawab Gatot Nurmantyo saat dikonfirmasi wartawan terkait instruksi gerakan nonton bareng film G30S/PKI di seluruh jajaran hingga tingkat Kodim-Koramil-Babinsa, usai ziarah Makam Proklamator Soekarno di Blitar, Senin (18/9).

Gatot yang mulanya menjelaskan panjang lebar terkait kegiatan ziarah di makam-makam mantan presiden sekaligus panglima tertinggi TNI pada masanya itu berubah dengan jawaban pendek-pendek saat wartawan menanyakan perihal polemik instruksi nobar film G30S/PKI karya sineas Arifin C Noer pada 1984 tersebut.

“Biarin saja (ada polemik),” ujar Gatot sambil menatap wartawan.

Ia kemudian menjelaskan sekilas maksud dan tujuan instruksinya kepada seluruh jajaran TNI guna memobilisasi kegiatan nobar film buatan rezim orde baru tersebut.

Pembelaan Gatot, apa yang dia perintahkan selaku Panglima TNI adalah melaksanakan sekaligus menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah pada generasi muda.

“Yang bisa melarang saya hanya pemerintah. (Kalau ada) Polemik dan ada penentangan dari berbagai pihak itu, ‘emangnya gue pikirin’. Politik dalam negeri apa dikatakan silakan,” ujarnya.

Gatot mengulang argumentasinya dengan menyatakan bahwa instruksi nobar film G30S/PKI adalah upaya TNI dalam meluruskan sejarah.

“Kalau selama ini meluruskan sejarah, menceritakan sejarah tidak boleh, mau jadi apa bangsa ini?” kata dia.

Gatot kemudian mengutip kalimat bijak yang pernah dipopulerkan oleh tokoh proklamator sekaligus Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno.

“Di makam ini, Bung Karno pernah mengatakan, jangan lupa ‘Jas Merah’. Jangan lupa jasa-jasa pahlawan,” ucapnya.

Terkait polemik yang berulang kali ditanyakan wartawan, Gatot menegaskan bahwa dirinya dan TNI memilih posisi abai.

“Soal polemik, biarin sajalah. Tujuan kita tidak berpolemik kok. Tujuan saya hanya untuk mengingatkan pada generasi muda, prajurit-prajurit saya juga tidak tahu itu,” katanya.

4 KOMENTAR

  1. Yg menganjurkan itu adalah panglima dan yg akan menonton film G30S/PKI adalah TENTARA, kok kalian katakan film itu tdk pantas ditonton krn ada unsur “KEKERASAN”. Sekali lagi saya bilang “YG AKAN NONTON ITU TENTARAAAA…..!!” bukan bayi apalagi orok.

    Pun jika di film itu ada kekerasan yg dilakukan kaum Komunis dan yg menonton anak didik, memang ada masaalah apa ? Apakah “sumbu” kalian memprediksi bahwa film ini akan berpengaruh ke psikologis tentara dan anak didik ????????

    Penting utk kalian ketahui, pelajaran sejarah PKI sdh dihapuskan sejak “nenek2” jadi presiden, sejak partai kafir/munafik berkuasa. Dan film inilah satu2nya yg tersisa agar anak bangsa ini mengingat kembali sejarah hitam masa lalu ?

    Jika film G30S/PKI kalian anggap tak pantas lalu film dan sinetron yg beraroma kekerasan, mistik, tipu menipu, kasar, hedonisme, yg berpuluh tahun diputar oleh TV2 kafir, acara2 yg banyak diisi oleh para pelacur yg selalu mengumbar paha dan dada, kalian anggap tdk merusak mental generasi sehingga kalian diam seribu bahasa ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER