Tingkatkan Akreditasi, Menristekdikti Imbau PTS Bergabung

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengimbau pengurus yayasan yang memiliki perguruan tinggi swasta lebih dari satu dan mengalami kesulitan meningkatkan akreditasi agar segera bergabung.

“Perguruan tinggi swasta (PTS) yang telah beberapa kali mengupayakan peningkatan akreditasi C ke B namun tidak juga memenuhi persyaratan sebaiknya bergabung dengan PTS lain terutama dari satu yayasan sehingga bisa lebih baik,” kata Menristekdikti pada pembukaan Rapat Kerja Pimpinan PTS se-Kopertis Wilayah II Sumbagsel dan sosialisasi Asian Games 2018 di Griya Agung Palembang, Jumat (6/4) malam.

Menurut dia, berdasarkan fakta penggabungan PTS di berbagai daerah cukup efektif untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan itu dan bisa dengan mudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan ulang peningkatan akreditasi.

“Saya sangat prihatin melihat masih banyaknya PTS yang akreditasinya C, untuk mempercepat peningkatan kualitas lembaga pendidikan tinggi di negara ini akan dilakukan pendampingan oleh tenaga ahli dari Kemenristekdikti,” ujarnya.

Dia menjelaskan, PTS yang sulit meningkatkan akreditasi jangan memaksakan diri untuk bertahan dengan kondisi tersebut, pengelola yayasannya harus segera mencarikan solusi yang terbaik dan menentukan sikap menggabungkan beberapa lembaga pendidikan yang dimiliki atau bergabung dengan lembaga pendidikan milik yayasan lain yang bisa diajak kerja sama memperbaiki kualitas akreditasi.

Sedangkan PTS yang memiliki kemampuan memperbaiki akreditasinya dari C ke B bahkan yang telah terakteditasi B oleh BAN-PT akan dibantu melakukan peningkatan akreditasi ke tingkat yang lebih tinggi.

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II Sumbagsel Slamet Widodo menyatakan hingga 2018 ini masih banyak perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung yang nilai akreditasinya cukup (C).

“Sekarang sekitar 40 persen PTS di wilayah kerjanya memiliki akreditasi dengan nilai C. Kondisi tersebut cukup memprihatinkan dan perlu dilakukan berbagai upaya peningkatannya,” ujarnya.

Untuk meningkatkan akreditasi minimal nilainya baik (B), pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap PTS dan mendorong melakukan akreditasi ulang (reakreditasi) bahkan bila perlu didorong untuk merger jika tidak memungkinkan bisa ditingkatkan lagi kualitas dan fasilitas pendukungnya.

Selain berupaya mendorong perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya meningkatkan akreditasi program studi, pihaknya juga berupaya mendorong mengajukan akreditasi institusi.

Akreditasi institusi penting dimiliki oleh PTS karena sebagai petunjuk lembaga pendidikan memiliki fasilitas pendukung proses belajar mengajar dan sumber daya manusia yang memadai, ujar Widodo. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Soal Islam Nusantara

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy