SMPN 1 Sidoarjo Bantah Adanya “Pagu Siluman” dalam Penerimaan Siswa Baru

SIDOARJO, SERUJI.CO.ID – Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Sidoarjo membantah rumor yang berkembang di masyarakat terkait adanya “pagu siluman” dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 di sekolah tersebut. “Pagu siluman” adalah istilah yang dipakai orang tua untuk penerimaan siswa di sekolah favorit tersebut lewat jalur tidak resmi, atau lewat belakang.

Munculnya rumor tersebut, terutama beredar dikalangan orang tua siswa yang hendak mendaftarkan anaknya, bermula dari tiba-tiba turunnya pagu penerimaan siswa baru di SMPN 1 saat pendaftaran online dibuka pada tanggal 22 Juni lalu.

“Waktu uji coba simulasi pendaftaran online tanggal 6 sampai 14 Juni, pagu penerimaan siswa di SMPN 1 tertulis sebanyak 352 kursi di website PPDB Sidoarjo. Tapi saat pendaftaran resmi dibuka tanggal 22 Juni, pagu itu turun, hanya tinggal 300 kursi. Berarti ada 52 kursi tiba-tiba hilang, pagu siluman,” ungkap orang tua siswa berinisial LS kepada SERUJI di Sidoarjo, Rabu (27/6).

Berdasarkan pantauan SERUJI di laman PPDB Sidoarjo dengan alamat www.ppdbsda.net, simulasi pendaftaran online dilakukan tanggal 6-14 Juni, dan pendaftaran resmi online berlangsung dari tanggal 22-25 Juni. Pagu yang tersedia untuk SMPN 1 Sidoarjo berjumlah 300 siswa saat dilihat pada Kamis (28/6) pagi.

Terkait hal tersebut, SMPN 1 Sidoarjo membantah bahwa tiba-tiba hilangnya 52 kursi pada sistem PPDB online sebagai “pagu siluman”. Mereka menegaskan, baik jumlah 352 kursi maupun 300 kursi, keduanya adalah benar.

“Semuanya benar, dua-duanya benar. Di awal 352 pagu secara keseluruhan (saat simulasi, red). Di PPDB ada yang penerimaan offline dan online. Yang di online 300 kursi, sedangkan offline 52 kursi,” kata Humas SMPN 1 Sidoarjo, Aris Setiawan saat ditemui SERUJI di Sekolah yang terletak di daerah Jalan Lingkar Barat, Sidoarjo, Kamis (28/6).

Aris menjelaskan bahwa 52 pagu yang hilang dari pendaftaran online tersebut akan diisi oleh siswa dari jalur prestasi, jalur mitra warga, dan inklusi. “Jadi tidak benar itu ‘pagu siluman’,” tegasnya.

Ditambahkan juga oleh Aris bahwa untuk penerimaan siswa dari jalur mitra warga yang diperuntukkan untuk keluarga tidak mampu/miskin, dilakukan dengan menurunkan tim survei dan dilakukan dengan ketat.

“Tim survei dari korwil, pihak kecamatan, kepala desa, kepala sekolah dan guru yang akan mengunjungi tempat tinggal calon siswa,” ujarnya.

Terkait dengan pendaftaran siswa yang diterima lewat PPDB Online, SMPN 1 Sidoarjo telah mengumumkan hasil seleksinya pada 26 Juni. Sebanyak 300 siswa diterima dengan Nilai Akhir (NA) tertinggi 98,97 dan terendah 94,02. (Nia/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER