Rektor Lantik Pengurus Pusat Studi Pancasila IAIN Langsa

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA melantik pengurus Pusat Studi Pancasila yang berlangsung aula kampus setempat, Kamis (6/9).

Usai melantik, Zulkarnaini mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada para pengurus Pusat Studi Pancasila.

“Kami mengucapkan selamat kepada pengurus Pusat Studi Pancasila IAIN Langsa, semoga dapat bekerja dengan baik dan menyebarkan misi perdamaian di Aceh dan Indonesia,” ujarnya.

Dikatakannya, Pusat Studi Pancasila ini bagian dari respon atas isu radikalisme yang terus marak akhir-akhir ini diperbincangkan.

“Ini diawali oleh isu radikalisme, ini sebagai respon atas isu radikalisme di Indonesia. Pancasila sebagai landasan ideologi negara yang dulunya sangat getol diajarkan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut Zulkarnaini, Pancasila sudah menjadi negatif bagi sebagaian kalangan.

“Pemerintah mendesak Pancasila menjadi azas tunggal pada semua organisasi, ini menumbuhkan respon negatif, bahkan Pancasila menjadi pandangan agak negatif pada sebagian orang, ini menjadi gelombang sejarah Indonesia dan saya kira bisa dipertegas kembali posisi Pancasila melalui Pusat Studi Pancasila,” tuturnya.

Menurutnya, Pancasila di Indonesia perlu dikaji sejarahnya, pemahamannya dan penempatannya secara benar sebagai sebuah ideologi negara bukan sebuah agama.

Sementara itu, ketua Pusat Studi Pancasila Muhammad Alkaf, MSI mengungkapkan bahwa progaram pertama pusat studi yang ia pimpin usai pelantikan adalah menyelenggarakan seminar nasional “Pancasila dan Syariat Islam: dari Kontestasi ke Kontribusi”.

Dalam seminar ini akan menghadirkan sejumlah pemateri diantaranya, Dr. Budhy Munawar Rachman dari lembaga The Asia Foundation, Dr. Suhaili Sufyan, MA dosen IAIN Langsa, Sudarto, MA dari Pusat Studi Antar Komunitas, Muhammad Alkaf, MSI pusat studi Pancasila IAIN Langsa, Reni Nuryanti, MA dari Universitas Samudera.

Alkaf mengatkan, dilaksanakannya seminar tersebut mengingat banyak perbincangan yang terus bergulir mengenai Pancasila dan agama.

“Latar belakang acara seminar dilaksanakan, tidak terlepas dari perbincangan tentang Pancasila dan agama, banyak orang beranggapan bahwa pancasila dan Syariat Islam bertolak belakang, hari ini kita ingin membuktikan bahwa Pancasila dan Syariat Islam tidak bertolak belakang,” pungkasnya.

Seminar tersebut juga akan turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. Basri Ibrahim, MA, Kepala Biro AUAK Drs. H. Ibnu Sa’dan, M. Pd, perwakilan Polres Langsa, Anggota DPR Aceh dan para mahasiswa IAIN Langsa. (Syahrial/ARif R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

The SOMAD Power

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Muru’ah

Akibat drg Masrial Ditahan Kejari, Operasi Gratis Bibir Sumbing 40 Pasien Ini Terancam Batal

Akibat penahanan drg. Masrial, pelaksanaan operasi gratis bibir sumbing di Bengkulu terancam batal.