Mahasiswa ITS Luncurkan Terobosan Baru Untuk Masyarakat Pesisir

0
65
Mahasiswa ITS Surabaya, merancang Inovasi terbaru dibidang kelistrikan, Kamis (4/1/2017.) (Foto: Devan/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Mahasiswa asal Surabaya menciptakan terobosan baru dibidang kelistrikan yang ditujukan bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pulau. Karena sejauh ini masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut masih jarang dialiri arus Listrik.

Melihat kondisi tersebut, empat mahasiswa dari Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, mengkonsep suatu pembangkit listrik tenaga gelombang laut. Alat ini, bernama Indonesia Tidal Power (INTIP).

Keempatnya adalah Ghufron Fawaid, Muhammad Rifky Abdul Fattah, Pinanggih Rahayu dan Aniq Jazilatur.

Loading...

“Kebutuhan ini tidak mampu terpenuhi dengan pembangkit listrik yang ada sekarang, maka perlunya terobosan baru,” ungkap Rifky saat ditemui SERUJI, Kamis (4/1).

Sebagai negara kepulauan, jelas Rifky, gelombang laut Indonesia memiliki potensi energi yang sangat besar yang berpotensi meningkatkan rasio kelistrikan elektrifikasi.

“Rasio elektrifikasi adalah perbandingan jumlah daerah yang telah di aliri listrik dengan keseluruhan wilayah,” terangnya.

Diungkapkan juga oleh Rifky bahwa teknologi pembangkit energi listrik tenaga ombak yang paling bagus adalah Oscilating Water Column.

”Cara pengaplikasian alat ini, diletakkan di pesisir laut dan sangat cocok digunakan sebagai pembangkit listrik di daerah pesisir pulau,” ujarnya.

Sayangnya, Oscilating Water Column memiliki tingkat efisiensi yang masih rendah karena suplai udara ke generator tidak kontinyu. Sehingga mereka membuat kombinasi tenaga gelombang laut tipe Oscilating Water Column dan angin yang memanfaatkan sistem katub.

“Kami manfaatkan udara bertekanan tersebut untuk menggerakan pembangkit listrik tenaga angin,” jelasnya. (Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU