Meski Kalah 1-0, Jepang Dipastikan Lolos Babak 16 Besar

RUSIA, SERUJI.CO.ID –  Jepang lolos ke babak 16 besar putaran final sepak bola Piala Dunia 2018 meskipun pada pertandingan terakhir grup H di Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, Kamis (28/6), dikalahkan Polandia 0-1.

Dalam klasemen akhir grup H, Jepang berada di urutan kedua, sementara Kolombia, yang pada saat sama menang 1-0 atas Senegal, tampil sebagai juara grup dan lolos ke babak 16.

Jepang dan Senegal sama-sama memiliki nilai 4 dan juga selisih gol yang sama. Kedua tim bemain imbang 2-2 pada pertandingan grup H.

Namun Jepang berhak lolos berdasarkan perhitungan “fairplay” yang antara lain dihitung dari jumlah kartu kuning.

Seperti dipantau melalui laman resmi FIFA, Jepang yang sebenarnya cukup membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak 16 besar, tetap menampilkan permainan menyerang yang atraktif dengan serangan yang banyak dibangun dari sayap.

Sementara itu Polandia yang sudah pasti tersisih karena dua kalah pada laga sebelumnya, kali ini justru tampil lepas dan beberap kali Lewandowski dapat menembus kotak penalti Jepang.

Data statistik di babak pertama, Lewandowski dan kawan-kawan unggul dalam penguasaan bola (56 persen) namun tidak banyak serangan Polandia yang membahayakan gawang Kawashima.

Sebaliknya Jepang tampil cepat, baik dalam bertahan maupun dalam serangan balik.

Pelatih Jepang Akira Nishiro tidak memasang beberapa pemain andalannya seperti Keisuke Honda dan Shinji Kagawa sebagai starter, namun pola permainan Jepang tidak banyak berubah.

Pada menit ke-59 Jepang dikejutkan oleh gol Polandia yang dicetak oleh Jan Bednarek, menyambut umpan tendangan bebas Rafal Kurzawa.

Lima menit setelah ketinggalan satu gol, Jepang mulai melakukan pergantina dengan memasukkan pemain klub Eibar Spanyol Takashi Inui yang banyak berperan di sayap kiri.

Namun Jepang masih sulit menembus pertahanan Polandia yang tempil makin percaya diri dan bahkan dapat memanfaatkan serangan balik yang berbahaya.

Bahkan pada menit ke-81 pemain Jepang Makino nyaris membuat gol bunuh diri ketika ia mencoba menghadang umpan tarik pemain sayap Polandia Kamil Grosicki.

Merasa sudah cukup aman dengan kekalahan 0-1 pada lima menit terakhir Jepang mencoba menahan bola sehinggga pertandningan menjadi tidak menarik.

Skor 1-0 tidak berubah hingga babak kedua berakhir.

(Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER