Meski Kalah 1-0, Jepang Dipastikan Lolos Babak 16 Besar

RUSIA, SERUJI.CO.ID –  Jepang lolos ke babak 16 besar putaran final sepak bola Piala Dunia 2018 meskipun pada pertandingan terakhir grup H di Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, Kamis (28/6), dikalahkan Polandia 0-1.

Dalam klasemen akhir grup H, Jepang berada di urutan kedua, sementara Kolombia, yang pada saat sama menang 1-0 atas Senegal, tampil sebagai juara grup dan lolos ke babak 16.

Jepang dan Senegal sama-sama memiliki nilai 4 dan juga selisih gol yang sama. Kedua tim bemain imbang 2-2 pada pertandingan grup H.

Namun Jepang berhak lolos berdasarkan perhitungan “fairplay” yang antara lain dihitung dari jumlah kartu kuning.

Seperti dipantau melalui laman resmi FIFA, Jepang yang sebenarnya cukup membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak 16 besar, tetap menampilkan permainan menyerang yang atraktif dengan serangan yang banyak dibangun dari sayap.

Sementara itu Polandia yang sudah pasti tersisih karena dua kalah pada laga sebelumnya, kali ini justru tampil lepas dan beberap kali Lewandowski dapat menembus kotak penalti Jepang.

Data statistik di babak pertama, Lewandowski dan kawan-kawan unggul dalam penguasaan bola (56 persen) namun tidak banyak serangan Polandia yang membahayakan gawang Kawashima.

Sebaliknya Jepang tampil cepat, baik dalam bertahan maupun dalam serangan balik.

Pelatih Jepang Akira Nishiro tidak memasang beberapa pemain andalannya seperti Keisuke Honda dan Shinji Kagawa sebagai starter, namun pola permainan Jepang tidak banyak berubah.

Pada menit ke-59 Jepang dikejutkan oleh gol Polandia yang dicetak oleh Jan Bednarek, menyambut umpan tendangan bebas Rafal Kurzawa.

Lima menit setelah ketinggalan satu gol, Jepang mulai melakukan pergantina dengan memasukkan pemain klub Eibar Spanyol Takashi Inui yang banyak berperan di sayap kiri.

Namun Jepang masih sulit menembus pertahanan Polandia yang tempil makin percaya diri dan bahkan dapat memanfaatkan serangan balik yang berbahaya.

Bahkan pada menit ke-81 pemain Jepang Makino nyaris membuat gol bunuh diri ketika ia mencoba menghadang umpan tarik pemain sayap Polandia Kamil Grosicki.

Merasa sudah cukup aman dengan kekalahan 0-1 pada lima menit terakhir Jepang mencoba menahan bola sehinggga pertandningan menjadi tidak menarik.

Skor 1-0 tidak berubah hingga babak kedua berakhir.

(Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close