Meski Kalah 1-0, Jepang Dipastikan Lolos Babak 16 Besar


RUSIA, SERUJI.CO.ID –  Jepang lolos ke babak 16 besar putaran final sepak bola Piala Dunia 2018 meskipun pada pertandingan terakhir grup H di Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, Kamis (28/6), dikalahkan Polandia 0-1.

Dalam klasemen akhir grup H, Jepang berada di urutan kedua, sementara Kolombia, yang pada saat sama menang 1-0 atas Senegal, tampil sebagai juara grup dan lolos ke babak 16.

Jepang dan Senegal sama-sama memiliki nilai 4 dan juga selisih gol yang sama. Kedua tim bemain imbang 2-2 pada pertandingan grup H.

Namun Jepang berhak lolos berdasarkan perhitungan “fairplay” yang antara lain dihitung dari jumlah kartu kuning.

Seperti dipantau melalui laman resmi FIFA, Jepang yang sebenarnya cukup membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak 16 besar, tetap menampilkan permainan menyerang yang atraktif dengan serangan yang banyak dibangun dari sayap.

Sementara itu Polandia yang sudah pasti tersisih karena dua kalah pada laga sebelumnya, kali ini justru tampil lepas dan beberap kali Lewandowski dapat menembus kotak penalti Jepang.

Data statistik di babak pertama, Lewandowski dan kawan-kawan unggul dalam penguasaan bola (56 persen) namun tidak banyak serangan Polandia yang membahayakan gawang Kawashima.

Sebaliknya Jepang tampil cepat, baik dalam bertahan maupun dalam serangan balik.

Pelatih Jepang Akira Nishiro tidak memasang beberapa pemain andalannya seperti Keisuke Honda dan Shinji Kagawa sebagai starter, namun pola permainan Jepang tidak banyak berubah.

Pada menit ke-59 Jepang dikejutkan oleh gol Polandia yang dicetak oleh Jan Bednarek, menyambut umpan tendangan bebas Rafal Kurzawa.

Lima menit setelah ketinggalan satu gol, Jepang mulai melakukan pergantina dengan memasukkan pemain klub Eibar Spanyol Takashi Inui yang banyak berperan di sayap kiri.

Namun Jepang masih sulit menembus pertahanan Polandia yang tempil makin percaya diri dan bahkan dapat memanfaatkan serangan balik yang berbahaya.

Bahkan pada menit ke-81 pemain Jepang Makino nyaris membuat gol bunuh diri ketika ia mencoba menghadang umpan tarik pemain sayap Polandia Kamil Grosicki.

Merasa sudah cukup aman dengan kekalahan 0-1 pada lima menit terakhir Jepang mencoba menahan bola sehinggga pertandningan menjadi tidak menarik.

Skor 1-0 tidak berubah hingga babak kedua berakhir.

(Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close