Barcelona Makin Dekati Gelar Liga Spanyol

BARCELONA, SERUJI.CO.ID – Barcelona merespon pil pahit akibat disingkirkan AS Roma dari Liga Champions dengan kemenangan 2-1 atas Valencia pada Sabtu di Nou Camp, mengukir rekor di Liga Spanyol yakni 39 pertandingan tanpa kekalahan dan membawa mereka semakin mendekati gelar liga.

Luis Suarez membawa Barca memimpin pada menit ke-15, memaksimalkan operan dari mantan rekan setimnya di Liverpool Philippe Coutinho dan mencetak gol dengan satu sentuhan dari jarak dekat.

Coutinho kemudian mengirimkan tendangan sudut yang kemudian ditanduk Samuel Umtiti untuk menjadi gol kedua Barca pada menit ke-51, tidak lama setelah Gerard Pique menebus kesalahan Umtiti dengan menyapu tembakan dari penyerang Valencia Santi Mina dari garis gawang menyusul tergelincirnya pemain bertahan Prancis tersebut.

Kapten Dani Parejo mencetak satu gol balasan untuk tim peringkat ketiga Valencia dengan mengeksekusi penalti pada menit ke-87 dengan menaklukkan kiper Barca Marc-Andre ter Stegen, namun klub Katalan itu mampu bertahan dengan baik pada fase akhir pertandingan sehingga kini hanya berjarak tujuh poin dengan gelar liga ke-25nya.

Pasukan Ernesto Valverde memimpin sebanyak 14 poin atas pesaing terdekat Atletico Madrid, sedangkan Atletico akan menjamu Levante dan tim peringkat keempat Real Madrid berkunjung ke markas tim juru kunci Malaga pada Ahad (14/4).

Sang pelatih Barca memuji para pemainnya yang telah melupakan kekalahan dari Roma, namun mengatakan bahwa tersingkirnya mereka dari kompetisi Eropa telah mengendurkan antusiasme mereka untuk rekor tidak terkalahkan.

“Ini bukan pekan untuk berpikir mengenai rekor-rekor, kami tidak terlalu menganggap penting hal itu. Hal yang lebih penting adalah kami memberi semangat kepada diri sendiri setelah pekan yang sulit,” kata Valverde pada konferensi pers.

“Normal saja bahwa para pemain ini ingin tetap memecahkan rekor. Namun ini merupakan kemenangan fundamental dalam banyak jalan. Pertama-tama, saya gembira dengan tiga poin. Kami memerlukan sepuluh poin untuk memenangi liga, kini tinggal tujuh (poin),” katanya.

Dengan hujan deras yang mengguyur kota sepanjang hari, 30.000 kursi dari Nou Camp yang berkapasitas 99.000 penonton tidak terisi dan bahkan ketika Suarez menyelesaikan operan indah Coutinho, perayaan yang ada tidak terlalu ramai.

Valencia memulai pertandingan dengan bagus dan pemain sayap Goncalo Guedes melepaskan tembakan ke arah Ter Stegen, yang melakukan penyelamatan impresif lainnya untuk menggagalkan upaya pemain Portugal itu pada fase lanjutan babak pertama setelah Gerard Pique kehilangan penguasaan bola.

Kiper Jerman itu membuat dirinya berada di dalam masalah ketika ia mengirimkan operan lurus ke kaki penyerang Valencia Rodrigo, namun mampu menebusnya dengan menepis tembakan ke mistar gawang.

Atmosfer muram Lionel Messi tidak aktif pada sebagian besar jalannya babak pertama namun mampu memperbaiki penampilannya pada babak kedua, melepaskan tembakan melambung di atas mistar setelah menerobos pertahanan Valencia.

“Atmosfer di sekitar klub pada pekan ini sedikit muram dan kami perlu mengeremnya maka saya harus memberi ucapan selamat kepada para pemain karena itu tidak mudah,” tambah Valverde.

“Sensasinya adalah bahwa kami telah gagal, bahwa kami telah mengecewakan para penggemar namun kami harus melihat ke depan dan tidak kehilangan pandangan terhadap apa yang masih dapat kami capai musim ini.”

Villarreal dan Sevilla menyia-nyiakan peluang untuk memberikan tekanan kepada tim peringkat kelima Real Betis, ketika mereka bermain imbang 2-2 di Stadion Sanchez Pizjuan yang bermandi sinar matahari, di mana seorang pemain dari masing-masing tim diusir keluar lapangan dan terdapat kegagalan penalti.

Sevilla telah disingkirkan Bayern Munich dari Liga Champions pada tengah pekan dan beberapa hal bertambah buruk ketika Dani Raba dan Carlos Bacca mencetak gol untuk Villarreal, dan Wissan Ben Yedder diusir keluar lapangan.

Pemain tim tamu Jaume Costa belakangan diusir keluar lapangan setelah membuat timnya dihukum penalti, yang gagal dimaksimalkan Nolito, namun sang penyerang mencetak gol dua menit kemudian dan Steven Nzonzi mengemas gol penyama kedudukan dari jarak jauh pada menit ke-82.

Villarreal menghuni peringkat keenam dengan 48 poin, Sevilla di peringkat ketujuh dengan 47 poin, sedangkan Betis di peringkat kelima dengan 52 poin setelah menang 1-0 di markas Girona pada Jumat (13/4). (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy