Umat Islam Akan Jadi Penduduk Dunia Terbesar 50 Tahun Mendatang

JAKARTA – Penganut agama Islam diprediksi akan menjadi penduduk dunia terbesar dalam 50 tahun mendatang, meninggalkan pemeluk agama Kristen yang saat ini merupakan populasi terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan tingginya kelahiran dari penduduk Muslim dibanding kelahiran dari penganut agama Kristen.

Prediksi ini disampaikan oleh sebuah lembaga riset di Amerika Serikat, Pew Research Center dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hari ini, Kamis (5/4) di pewforum.org.

Tingginya pertumbuhan penduduk Muslim ini dikarenakan tingginya angka kelahiran wanita Muslim dan rendahnya tingkat kematian. Diperkirakan pada tahun2030-2035 jumlah kelahiran dari keluarga Muslim sebanyak 225 juta jiwa, berbanding kelahiran pada keluarga Kristen sebanyak 224 juta jiwa.

Perkiraan data kelahiran dan kematian sesuai agama.


“Pada periode 2055-2060 jumlah kelahiran Muslim 232 juta jiwa, meninggalkan lebih jauh kelahiran Kristen yang berjumlah 226 juta jiwa,” tulis Pew Reseacrh.

Peningkatan pertumbuhan populasi penduduk Muslim dari tahun 2015 sampai tahun 2060 meningkat cepat dibanding penganut Kristen. Pada tahun 2015 Muslim berjumlah 1,75 milyar jiwa atau setara 24% penduduk dunia yang berjumlah sekitar 7,3 milyar. Jumlah itu meningkat pesat pada tahun 2060 menjadi 2,98 milyar atau sekitar 31,1% penduduk dunia.

Sementara penganut Kristen pada tahun 2015 adalah populasi terbesar dengan jumlah 2,28 milyar jiwa atau sekitar 31,2% dari seluruh penduduk dunia. Pada tahun 2060 jumlah tersebut hanya bertambah sebanyak 778 juta jiwa menjadi 3,054 milyar penganut kristen (31,8%), terpaut hanya 0,7% dari jumlah penduduk Muslim.

Sebagian besar penganut Islam tinggal di kawasan Asia dan Pasifik, seperti di Indonesia, India, Pakistan, Bangladesh, Iran, dan Turki.

“Saat ini Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, tapi predikat tersebut akan diambil alih oleh India pada 2050,” kata tim peneliti Pew.

Disebutkan juga bahwa konsentrasi penduduk Muslim akan beralih dari kawasan Asia dan Pasifik ke Afrika dalam beberapa dekade ke depan. Secara khusus, pertambahan penduduk Muslim terjadi di kawasan Afrika Sub-Sahara, yang disebabkan oleh tingginya tingkat kesuburan. Pada 2040, kenaikan alamiah penduduk Muslim di Afrika Sub-Sahara lebih tinggi dari Asia.

EDITOR: Harun S

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

KAHMI untuk NKRI

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Sandiaga: Layanan Kesehatan Bagi Warga Miskin Jakarta Masih Belum Layak

"Saya sangat prihatin melihat masih banyaknya masyarakat kurang mampu di Jakarta, yang masih belum terpenuhi pelayanan kesehatan yang layak," kata Sandiaga

Terekam Video, Polisi China Borgol dan Tutup Mata Ratusan Muslim Uighur

Ratusan pria muslim dari etnis Uighur terekam sebuah video sedang diborgol dan ditutup matanya sambil diawasi sekelompok polisi China. Diduga para pria tersebut akan digiring ke suatu lokasi yang kemungkinan adalah kamp-kamp penahanan.

Tren Pemasangan Iklan Jual Ruko di Lamudi Meningkat

Dari data jumlah iklan ruko yang dipasang di portal properti Lamudi.co.id menyebutkan, pada tahun 2017 ada 3.801 iklan, kemudian tahun 2018 ada 3.926 iklan, lalu tahun 2019 meningkat tajam menjadi 5.557 iklan ruko yang dipasang.

KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap KONI

"KPK telah tiga kali yakni pada 31 Juli, 2 Agustus, dan 21 Agustus 2019 mengirimkan panggilan untuk meminta keterangan, tapi IMR tidak pernah datang. KPK sudah memberikan ruang yang cukup bagi IMR untuk memberi keterangan dan klarifikasi pada tahap penyelidikan," ujar Marwata.

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.

DPR Terima Surat KPK Soal Firli, Gerindra: Aneh Komisioner Lakukan Serangan di Detik-Detik Akhir

"Ini ada ketakutan yang luar biasa terhadap Firli. Penolakan luar biasa kepada Firli kan aneh nah ini lah intinya dalam fit and proper test ke depan kita akan pertanyakan hal-hal yang seperti itu," ungkap Desmond.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi