Umat Islam Akan Jadi Penduduk Dunia Terbesar 50 Tahun Mendatang

JAKARTA – Penganut agama Islam diprediksi akan menjadi penduduk dunia terbesar dalam 50 tahun mendatang, meninggalkan pemeluk agama Kristen yang saat ini merupakan populasi terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan tingginya kelahiran dari penduduk Muslim dibanding kelahiran dari penganut agama Kristen.

Prediksi ini disampaikan oleh sebuah lembaga riset di Amerika Serikat, Pew Research Center dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hari ini, Kamis (5/4) di pewforum.org.

Tingginya pertumbuhan penduduk Muslim ini dikarenakan tingginya angka kelahiran wanita Muslim dan rendahnya tingkat kematian. Diperkirakan pada tahun2030-2035 jumlah kelahiran dari keluarga Muslim sebanyak 225 juta jiwa, berbanding kelahiran pada keluarga Kristen sebanyak 224 juta jiwa.

Perkiraan data kelahiran dan kematian sesuai agama.

“Pada periode 2055-2060 jumlah kelahiran Muslim 232 juta jiwa, meninggalkan lebih jauh kelahiran Kristen yang berjumlah 226 juta jiwa,” tulis Pew Reseacrh.

Peningkatan pertumbuhan populasi penduduk Muslim dari tahun 2015 sampai tahun 2060 meningkat cepat dibanding penganut Kristen. Pada tahun 2015 Muslim berjumlah 1,75 milyar jiwa atau setara 24% penduduk dunia yang berjumlah sekitar 7,3 milyar. Jumlah itu meningkat pesat pada tahun 2060 menjadi 2,98 milyar atau sekitar 31,1% penduduk dunia.

Sementara penganut Kristen pada tahun 2015 adalah populasi terbesar dengan jumlah 2,28 milyar jiwa atau sekitar 31,2% dari seluruh penduduk dunia. Pada tahun 2060 jumlah tersebut hanya bertambah sebanyak 778 juta jiwa menjadi 3,054 milyar penganut kristen (31,8%), terpaut hanya 0,7% dari jumlah penduduk Muslim.

Sebagian besar penganut Islam tinggal di kawasan Asia dan Pasifik, seperti di Indonesia, India, Pakistan, Bangladesh, Iran, dan Turki.

“Saat ini Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, tapi predikat tersebut akan diambil alih oleh India pada 2050,” kata tim peneliti Pew.

Disebutkan juga bahwa konsentrasi penduduk Muslim akan beralih dari kawasan Asia dan Pasifik ke Afrika dalam beberapa dekade ke depan. Secara khusus, pertambahan penduduk Muslim terjadi di kawasan Afrika Sub-Sahara, yang disebabkan oleh tingginya tingkat kesuburan. Pada 2040, kenaikan alamiah penduduk Muslim di Afrika Sub-Sahara lebih tinggi dari Asia.

EDITOR: Harun S

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER