Malam Lebaran 2017, Ribuan Warga Meriahkan Bogor Bertakbir

0
54
pawai takbir, takbir keliling, bogor bertakbir
Peserta takbir keliling ikut memeriahkan Bogor Bertakbir. (Foto: Merdeka)

BOGOR – Ribuan warga Kota Bogor, Jawa Barat, tumpah ruah ke jalan memeriahkan Bogor Bertakbir yang diselenggarakan Pemerintah Kota dalam rangka menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah/2017, Sabtu malam (24/6).

Rombangan Pawai Bogor Bertakbir dilepas oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto didampingi Wakil Wali Kota Usmar Hariman dan Sekretaris Daerah Ade Sarip Hidayat.

Sekitar 42 rombongan Bogor Bertakbir berangkat dari Balai Kota menuju Masjid Raya. Pawai Bogor Bertakbir diikuti sejumlah Dewan Kemakmuran Masjid, organisasi Islam, dan anggota marawis serta qosidahan dari berbagai wilayah di Kota Bogor.

Lantunan Takbir berkumandang mengelilingi Kota Bogor.

Wali Kota, didampingi putranya ikut berjalan kaki bersama rombongan pawai menuju Masjid Raya Bogor.

Ketua Panitia Bogor Bertakbir, Gatut Sutanta menyebutkan, kegiatan pawai takbir berkeliling sudah dilakukan dua tahun terakhir.

“Takbiran itu disunahkan, dengan diadakan lomba Bogor Bertakbir ini, kegiatan takbir lebih teroganisir dan terstruktur rapi,” kata Gatut, dilansir dari Antara.

Menurutnya, ada peningkatan dari tahun ke tahun kegiatan Bogor Bertakbir. Sebelumnya hanya diikuti 20 kelompok saja, tahun ini meningkat jadi 42 tim. Setiap tim mengirimkan minimal lima orang dan maksimalnya tidak ada batasannya.

Ada empat kategori lomba dalam Bogor Bertakbir, di antaranya, qosidahan, marawis dan rebbana. Selama berkeliling, setiap peserta akan dinilai oleh tujuh tim yang tersembunyi.

Penilaian akan dilakukan selama perjalanan melantunkan takbir. Yang dinilai irama, ketertiban, kemeriahan, dan keunikan masing-masing peserta.

“Harapan kami kegiatan ini menjadi agenda tahunan Kota Bogor, setiap malam Takbir,” kata Gatut.

Bogor Bertakbir membuat suasana malam takbiran di Kota Bogor menjadi sangat meriah. Warga tumpah ruah menyaksikan iring-iringan rombongan peserta. Ada yang berjalan kaki maupun menggunakan mobil bak sambil membawa beduk. (IwanY)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Bupati Malinau Hadiri Rapat Paripurna DPRD Penetapan APBD 2018

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau hadiri rapat paripurna ke IX masa sidang III DPRD kabupaten Malinau tahun 2017 yang diadakan di ruang sidang kantor...
Setya Novanto dan KPK

Pengacara Belum Pastikan Setya Novanto Hadir di Persidangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kuasa Hukum Setya Novanto, Firman Wijaya, menyatakan belum mengetahui apakah kliennya dapat dihadirkan sebagai terdakwa pada sidang perdana perkara tindak pidana korupsi...
Polrestabes Surabaya

Polrestabes Surabaya Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya meraih predikat "Wilayah Bebas Korupsi" dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Kami mengucapkan terima kasih kepada...

KANAL WARGA TERBARU

Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...
Diky Supratman

Tiga Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...