Malam Lebaran 2017, Ribuan Warga Meriahkan Bogor Bertakbir

0
113
pawai takbir, takbir keliling, bogor bertakbir
Peserta takbir keliling ikut memeriahkan Bogor Bertakbir. (Foto: Merdeka)

BOGOR – Ribuan warga Kota Bogor, Jawa Barat, tumpah ruah ke jalan memeriahkan Bogor Bertakbir yang diselenggarakan Pemerintah Kota dalam rangka menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah/2017, Sabtu malam (24/6).

Rombangan Pawai Bogor Bertakbir dilepas oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto didampingi Wakil Wali Kota Usmar Hariman dan Sekretaris Daerah Ade Sarip Hidayat.

Sekitar 42 rombongan Bogor Bertakbir berangkat dari Balai Kota menuju Masjid Raya. Pawai Bogor Bertakbir diikuti sejumlah Dewan Kemakmuran Masjid, organisasi Islam, dan anggota marawis serta qosidahan dari berbagai wilayah di Kota Bogor.

Lantunan Takbir berkumandang mengelilingi Kota Bogor.

Wali Kota, didampingi putranya ikut berjalan kaki bersama rombongan pawai menuju Masjid Raya Bogor.

Ketua Panitia Bogor Bertakbir, Gatut Sutanta menyebutkan, kegiatan pawai takbir berkeliling sudah dilakukan dua tahun terakhir.

“Takbiran itu disunahkan, dengan diadakan lomba Bogor Bertakbir ini, kegiatan takbir lebih teroganisir dan terstruktur rapi,” kata Gatut, dilansir dari Antara.

Menurutnya, ada peningkatan dari tahun ke tahun kegiatan Bogor Bertakbir. Sebelumnya hanya diikuti 20 kelompok saja, tahun ini meningkat jadi 42 tim. Setiap tim mengirimkan minimal lima orang dan maksimalnya tidak ada batasannya.

Ada empat kategori lomba dalam Bogor Bertakbir, di antaranya, qosidahan, marawis dan rebbana. Selama berkeliling, setiap peserta akan dinilai oleh tujuh tim yang tersembunyi.

Penilaian akan dilakukan selama perjalanan melantunkan takbir. Yang dinilai irama, ketertiban, kemeriahan, dan keunikan masing-masing peserta.

“Harapan kami kegiatan ini menjadi agenda tahunan Kota Bogor, setiap malam Takbir,” kata Gatut.

Bogor Bertakbir membuat suasana malam takbiran di Kota Bogor menjadi sangat meriah. Warga tumpah ruah menyaksikan iring-iringan rombongan peserta. Ada yang berjalan kaki maupun menggunakan mobil bak sambil membawa beduk. (IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
becak-becak

Yogyakarta Kaji Tiga Desain Becak Alternatif

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan kajian desain becak alternatif dengan menyiapkan tiga tipe becak yang terdiri dari dua becak ramah lingkungan dan satu...