Malam Lebaran 2017, Pemkab Purwakarta Siapkan 999 Bedug dalam Festival Dulag

0
134
takbir keliling, pawai takbir, bedug
Tabuh bedug dan takbir keliling. (ilustrasi)

PURWAKARTA – Sebanyak 999 bedug akan ditabuh dalam Festival Dulag yang digelar Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar, pada malam takbiran, menyambut Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Festival Dulag dalam menyambut Idul Fitri telah digelar setiap tahun di Purwakarta. Ini sudah menjadi tradisi,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, dilansir dari Antara, Sabtu (24/6).

Seperti biasa, akan ada sebanyak 999 bedug yang ditabuh dalam Festival Dulag, di sepanjang Jalan KK Singawinata, Purwakarta. Bedug-bedug ini akan mengiringi gema takbir oleh masyarakat di sepanjang jalan tersebut.

“Ini kan tradisi yang sudah melegenda dalam menyambut fajar 1 Syawal setiap tahun. Kegiatan yang digelar ini selalu meriah dan warga bisa tertib mengikutinya,” katanya.

Pihak Panitia Teknis Festival Dulag Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Purwakarta menyatakan, persiapan untuk kegiatan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Selain memeriahkan malam takbiran, even ini juga melombakan tabuhan dulag dari para peserta. Semua tim boleh ikut asal membawa bedug sendiri,” kata Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Purwakarta, Heri Anwar.

Pihaknya telah menyiapkan berbagai kategori lomba, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD, Desa/Kelurahan dan komunitas masyarakat.

Dari masing-masing kategori tersebut akan dipilih juara 1, 2 dan 3. Selain itu, pihak panitia juga telah menyiapkan sebanyak 20 hadiah hiburan bagi peserta yang terpilih oleh dewan juri.

“Masing-masing kategori itu harus memenuhi kriteria harmonisasi, dekorasi dan penampilan, kita saring nanti juaranya, kita juga sediakan hadiah hiburan,” jelasnya. (IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

Lima Bakal Caleg DPR Ditemukan KPU Merupakan Mantan Koruptor

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan lima bakal calon anggota Legislatif (Bacaleg) DPR yang didaftarkan partai politik merupakan mantan narapidana kasus korupsi. "Berdasarkan...

Fasilitas Tidak Standar di Sukamiskin Dibenarkan Dirjen PAS

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami membenarkan adanya fasilitas bagi narapidana korupsi yang tidak sesuai standar di...
Febri Diansyah

Kalapas Sukamiskin Diketahui Terang-Terangan Minta Mobil dan Uang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein secara terang-terangan meminta mobil, uang dan sejenisnya...
kpk, komisi pemberantasan korupsi

KPK Temukan Penyalahgunaan Fasilitas Berobat di Sukamiskin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menemukan dugaan penyalahgunaan fasilitas berobat narapidana dalam proses penanganan kasus di Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. "Kami...

Dugaan Narapidana Sukamiskin Keluar Lapas Sedang Didalami Kemkumham

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) mendalami adanya dugaan narapidana korupsi di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, dapat masuk dan keluar lapas dengan...