Malam Lebaran 2017, Gubernur Riau Akan Lepas Ribuan Pawai Takbir

0
61
pawai takbir, takbir keliling
Takbir keliling dengan mobil hias miniatur masjid. (Ilustrasi)

PEKANBARU – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman didampingi Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan semua unsur pimpinan daerah setempat direncanakan akan melepas ribuan kendaraan hias serta masyarakat di wilayah setempat pada pawai takbir Sabtu malam menyambut Idul Fitri 1438 Hijriyah.

“Acara dilangsungkan di Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Sabtu mulai pukul 19.00 WIB,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Idrus di Pekanbaru, dilansir dari Antara, Sabtu (24/6).

Ia mengatakan panitia pelaksana sudah melakukan persiapan dengan membuat panggung utama di Jalan Gajah Mada sebagai lokasi awal pelepasan.

“Sama seperti momen tahun lalu, malam takbiran kali ini juga diikuti ratusan mobil hiasan dan warga masyarakat yang ingin konvoi menggunakan roda dua,” paparnya.

Kendaraan hias ini, kata Idrus, akan diikuti oleh semua utusan kecamatan, kelurahan, organisasi, institusi dan sebagainya.

“Kita seperti biasa, pawai kendaraan. Kita memutuskan dalam rapat, untuk imam masjid Paripurna diharapakan ikut pawai. 71 masjid Paripurna tambah seluruh SKPD,” terangnya.

“Mereka akan berbaris dan antri melintasi podium pelepasan pawai malam takbir,” jelas Idrus. “Kita berkumpul dulu di Diponegoro, lalu dilepas di Gajah Mada oleh gubernur didampingi wali kota,” imbuhnya.

Dari Gajah Mada setelah dilepas, peserta akan beriring-iringan melintasi Jalan Sudirman menuju Purna MTQ dan memutar di u-turn di depannya.

Lalu menuju Pasar Sukaramai memutar di depan Pasar Buah belok lagi ke Hangtuah dan Diponegoro untuk ke Gajah Mada.

“Finish di Jalan Diponegoro,” tambahnya.

Kepada masyarakat, katanya mengimbau, saat malam takbiran agar dapat menyemarakkan takbir ini dengan ikut berpawai dan tertib. Bagi yang tidak bisa bergabung bisa meramaikan di mesjid ataupun musalla terdekat.

“Ada sedikitnya 4.500 tim gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Tim Kesehatan/Puskesmas, dan lain-lain dikerahkan untuk kelancaran dan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Provinsi Riau tahun 2017,” kata Kapolda Riau Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara kepada wartawan usai Upacara Gelar Pasukan PAM Idul Fitri 1438 H di halaman Sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru Jalan Pattimura Pekanbaru, Senin (19/6).

Menurut Zulkarnain, khusus personel polisi saja yang dikerahkan jumlahnya sekitar 1.873 orang. Juga pasukan Sat Sabhara untuk patroli dan juga tim penembak jitu (sniper) terlatih untuk menumpas kejahatan jalanan.

Kapolda Riau menjelaskan kerawanan-kerawanan pada saat mudik dan arus balik adalah masalah longsor dan kemacetan lalu lintas. Sedangkan kerawanan lain misalnya rumah tinggal, pencurian dan sebagainya. Oleh sebab itu warga bisa menitipkan kendaraannya di kantor polisi bagi yang mudik. (IwanY)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

elpiji

Ridwan Kamil Selidiki Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Wilayahnya

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil akan menyelidiki kelangkaan gas subsidi tabung 3 kilogram yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayahnya. "Akan ditindaklanjuti...

Survei: Pelajar Tergiur Merokok Karena Harga Murah

PADANG, SERUJI.CO.ID - Hasil survei yang dilakukan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ruandu Foundation menemukan para pelajar yang ada di Padang tergiur merokok salah satunya...
Agus Hermanto

DPR Tidak Bisa Proses Pergantian Setya Novanto

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan Pimpinan DPR tidak bisa memproses pergantian Setya Novanto karena ada dua surat dari Fraksi Partai Golkar...

KANAL WARGA TERBARU

Point Blur_Dec122017_090245

Empat Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...
perbedaan-fasilitas-bpjs-kesehatan-kelas-1-2-3

NIK Bermasalah di Sistem BPJS, Bagaimana Mengatasinya?

Nomor KTP atau resminya Nomor Induk Kependudukan (NIK) atas nama seorang pasien bernama Suratini ditemukan bermasalah oleh petugas pendaftaran RS UGM, Ahad (10/12) siang....
KH. Luthfi Bashori

Perintah Bernahi Munkar

Membiarkan kemunkaran terjad di depan mata, adalah perbuatan tercela. Muslim yang baik adalah muslim yang peduli terhadap kemashlahatan lingkunganya, sekira jika terjadi kemaksiatan di...