Kiai Muzammil: Ulama Tidak Hanya Menerima Cahaya, tetapi Juga Memantulkan Cahaya

SURABAYA – KH Ahmad Muzamil, pimpinan Pondok Pesantren Rahmatul Umam, Yogyakarta menegaskan bahwa  ulama bukan hanya menerima cahaya, tetapi juga memantulkan cahaya. Dan itu untuk semuanya.

Penegasan itu disampaikan Kiai Muzamil yang juga ketua Bahtsul Masail Pimpinan Wilayah NU Daerah Istimewa Yogyakarta,  ketika membuka acara pengajian Bangbangwetan  Minggu  (12/2) malam di Pendapa Cak Durasim, Surabaya,  dengan judul tema “Konjungsi Rantas” . Kajian rutin bulanan ini juga dihadiri  Sabrang “Noe” Letto, Cendekiawan Muda asal Yogyakarta.

Lebih jauh, Kiai Muzamil menegaskan, kalau semua yang terjadi di dunia adalah apa yang diperkenankan Tuhan dan semua itu baik, lalu kenapa manusia selalu menciptakan jarak antara satu dengan yang lain?

“Pertanyaan itulah yang kita harus mampu melahirkan kesadaran untuk membuat segala sesuatunya itu harus menjadi lebih baik,” tegasnya.

Karena itu, kata Kiai Muzamil,  kita diciptakan Allah harusnya bisa memahami rotasi dan revolusi kita sebagai manusia yang tetap pada jalurnya dan fokus kepada para nabi yang merupakan pantulan dari Allah.

“Sebenarnya Al Quran, nabi, dan alam semesta adalah satu paket,” tegasnya.

Foto : DK/MEPnews.id

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER