Ketua PBNU Hadiri Undangan Universitas Al Azhar Kairo

KAIRO – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj memenuhi undangan dari Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Dia sebagai salah satu pembicara dalam muktamar (umat Islam) dunia pada 28 dan 1 Maret 2017 ini.

Muktamar yang bertajuk “Kebebasan, Keberagaman, dan Integrasi” itu dibuka langsung oleh Grand Syekh Al-Azhar, Syekh Ahmad Thayib. Penerbangan dari Jakarta-Kairo yang ditempuh selama lebih dari sebelas jam cukup melelahkan. Namun, Kiai Said kembali sumringah saat menyaksikan kader-kader NU yang tengah studi di Al-Azhar menyambutnya di bandara.

“Selamat datang di Kairo, Kiai. Bahagia rasanya di masa studi kami di Al-Azhar ini, panjenengan bisa hadir,” kata Muhasibi, salah satu mahasiswa Al-Azhar yang berasal dari Jakarta. Said Aqil tak kalah gembiranya ketika disalami para mahasiswa satu per satu. Suasana keakraban terasa bagai pertemuan bapak dan anak.

Menurut Said Aqil, di Kairo ia berharap para mahasiswa selalu merasa dahaga ilmu, sehingga pulang ke Indonesia nanti yang takhassus keislaman. “Ya, minimal seperti Dr. Ali Syami Nasyar,” nasihat Said Aqil.

“Saya pun gembira lihat kalian jauh-jauh studi ke Al-Azhar. Tujuannya tak lain memperkuat ahlussunnah wal jamaah di Indonesia, kini dan di masa depan,” kata Kiai Said Aqil.

Kiai Said Aqil pun menyempatkan diri untuk berdialog santai tentang tradisi ilmu keislaman di Mesir. Kekayaan khazanah keislaman di Mesir tidak akan habis hanya dengan beberapa tahun studi di Al-Azhar.

EDITOR: Rizky

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER