Gus Pur: Penghilangan Gelar Khalifatullah HB X Menghilangkan Nilai-Nilai Islam

Ralat Berita, yang dimaksid adalah Purnomo Adi (Gus Pur) anggota dari penegakan paugeran Kraton Mataram Islam bukan Kamaludin Purnomo.

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kawulo Peduli Pauger Yogyakarta menganggap penghilangan gelar Khalifatullah dan penggantian nama Buwono menjadi Bawono oleh Hamengku Bawono (HB) X adalah melanggar aturan yang berlaku sejak dibuat oleh HB I.

Anggota penegakan paugeran Kraton Mataram Islam, Purnomo Adi (Gus Pur) mengatakan, kalau ada orang yang sudah tidak peduli dengan paugeran, adat, dan tata krama, orang itu akan kehilangan arah dalam hidupnya.

“Setiap daerah kan punya peraturannya sendiri. Orang Melayu saja punya aturannya sendiri kok. Kan ada peribahasa di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” katanya kepada SERUJI di Masjid Kauman dalam acara sarasehan terkait Paugeran Kasultanan Yogyakarta, Jumat (6/10).

Dia menerangkan, di tanah Mataram Islam pun sama, harus mengikuti aturan yang berlaku. Menurutnya, HB I sebagai penggagas Kasultanan Yogyakarta, aturannya Islami.

Gus Pur menambahkan, batas Kesultanan Yogyakarta adalah masjid pathok negara, dan itu merupakan satu-satunya di dunia. Hal itu merupakan sebuah nilai-nilai kehidupan yang harus kita teruskan.

“Kalau gelar Khalifatullah saja dihilangkan dan Buwono diganti Bawono, mestinya kita bertanya. Kenapa kok seperti itu? Kita bisanya ya sarasehan begini, nggak melalui demo teriak-teriak,” ujar Gus Pur.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER