Gus Pur: Penghilangan Gelar Khalifatullah HB X Menghilangkan Nilai-Nilai Islam

2
339
Gus Pur sedang Berbicara dalam Sarasehan tentang Pauger Kasultanan Yogyakarta di Masjid Agung Kauman Yogyakarta, Jumat, 06/10/2017. (foto:ArifKF/SERUJI)

Ralat Berita, yang dimaksid adalah Purnomo Adi (Gus Pur) anggota dari penegakan paugeran Kraton Mataram Islam bukan Kamaludin Purnomo.

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kawulo Peduli Pauger Yogyakarta menganggap penghilangan gelar Khalifatullah dan penggantian nama Buwono menjadi Bawono oleh Hamengku Bawono (HB) X adalah melanggar aturan yang berlaku sejak dibuat oleh HB I.

Anggota penegakan paugeran Kraton Mataram Islam, Purnomo Adi (Gus Pur) mengatakan, kalau ada orang yang sudah tidak peduli dengan paugeran, adat, dan tata krama, orang itu akan kehilangan arah dalam hidupnya.

“Setiap daerah kan punya peraturannya sendiri. Orang Melayu saja punya aturannya sendiri kok. Kan ada peribahasa di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” katanya kepada SERUJI di Masjid Kauman dalam acara sarasehan terkait Paugeran Kasultanan Yogyakarta, Jumat (6/10).

Dia menerangkan, di tanah Mataram Islam pun sama, harus mengikuti aturan yang berlaku. Menurutnya, HB I sebagai penggagas Kasultanan Yogyakarta, aturannya Islami.

Gus Pur menambahkan, batas Kesultanan Yogyakarta adalah masjid pathok negara, dan itu merupakan satu-satunya di dunia. Hal itu merupakan sebuah nilai-nilai kehidupan yang harus kita teruskan.

“Kalau gelar Khalifatullah saja dihilangkan dan Buwono diganti Bawono, mestinya kita bertanya. Kenapa kok seperti itu? Kita bisanya ya sarasehan begini, nggak melalui demo teriak-teriak,” ujar Gus Pur.

loading...

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Febri Diansyah

KPK Imbau Masyarakat Aktif Laporkan Indikasi Korupsi Program Pertanian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau masyarakat proaktif melaporkan indikasi tindak pidana korupsi program pertanian. "Kalau terjadi dugaan penyimpangan tentu harus dipertanggungjawabkan," kata...

Polisi Riau Amankan 723 Botol Bir Berbagai Merek

KUANTAN SINGINGI, SERUJI.CO.ID - Tim Polres Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengamankan sebanyak 723 botol bir berbagai merek dari sebuah toko di kawasan Sungai...

Disambut Antusias Mahasiswa Indonesia, Anies Minta Didoakan Tetap Istiqomah

ISTAMBUL, SERUJI.CO.ID - Dalam kunjungan kerjanya ke Turki, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan masyarakat dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di...

TNI Kembali Evakuasi Tiga Guru dari Aroanop Mimika

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - TNI AD yang tergabung dalam Satuan Tugas Terpadu Penanganan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali mengevakuasi sebanyak 13 guru SD dari...
Tri Rismaharini

Risma Minta Dinsos Cek Kesehatan Keluarga Korban HIV

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta dinas sosial setempat mengecek kondisi keluarga atau tiga orang anak yang hidup sebatang kara karena...