Belajar Akhlak Berjamaah dari Pertemuan Nabi Musa dengan Khidhr

SERUJI.CO.ID – Nabi Musa, seorang utusan Allah yang mendapat amanah sangat berat, yakni menyelamatkan Bani Israil dari kekejaman Firaun sekaligus membimbing umatnya. Karena itu, Allah memerintahkan Nabi Musa untuk belajar kepada Khidhr, seseorang yang diberi ilmu khusus dari Allah.

Belajarnya Musa kepada Khidhr pun diabadikan dalam surat Al Kahfi ayat 60 hingga 82.

Kisah pertemuan Nabi Musa dan Khidhr bisa dikatakan eksotis, dimulai dari perjalanan Nabi Musa dengan seorang pendampingnya untuk mencari suatu lokasi yang diperintahkan, hingga pertemuan pembelajaran ala Khidhr yang Nabi Musa tidak sabar untuk mengikutinya. Jika dibaca dengan kacamata logika ilmu pengetahuan, niscaya kisah ini dikategorikan fiksi belaka. Namun, Allah maha berkuasa atas segala apa yang terjadi.

Sebelum pembelajaran dimulai, Khidhr sudah menyatakan bahwa Nabi Musa tidak akan sabar mengikutinya. Alasannya, ilmu Nabi Musa belum cukup. Dan benar, tatkala Khidhr melakukan sesuatu selalu diprotes oleh Nabi Musa. Tatkala akhirnya dinyatakan lagi bahwa Nabi Musa pasti tidak akan sabar, maka Nabi Musa berjanji tidak akan protes lagi.

Kalau ayat-ayat dalam Al Kahfi tersebut dibaca, yang dilakukan Khidr memang pantas diprotes secara logika. Bagaimana tiba-tiba kapal dilubangi, membunuh anak kecil tak berdosa, hingga mendirikan dinding-dinding rumah tanpa upah. Bahkan, mendengarkannya saja seperti mendengar dongeng yang dibuat-buat. Padahal, begitulah faktanya.

Mengapa peristiwa ini diceritakan dalam Al Quran? Apa maksud Allah? Tentu, ini sebuah pelajaran yang perlu diresapi karena tentu tidak ada ayat yang diturunkanNya melainkan sebagai pelajaran bagi manusia.

1 KOMENTAR

  1. Masalah nya, dimasa sekarang. Kapan kita tahu, bahwa Pemimpin kita itu layak nya seperti Nabi Khidir, yg harus kita ikuti, tanpa mikir. Atau pemimpin kita justru seperti Firaun, yg zhalim nggak ketulungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER