Pemerintah China Kembangkan Kereta Cepat “Autopilot”


BEIJING, SERUJI.CO.ID –┬áChina sedang mengembangkan kereta cepat tipe baru yang menerapkan sistem mekanikal, elektrikal, atau hidraulik untuk memandu laju kereta tanpa campur tangan manusia atau kereta cepat “autopilot”.

Kereta cepat tipe baru itu akan dioperasikan di ruas jalur Beijing-Zhangjiakou, Provinsi Hebei. Kedua kota yang berjarak sekitar 162 kilometer tersebut ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin pada 2022.

“Mulai pertama kereta bergerak hingga berhenti, dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol klik di kereta tersebut,” kata Kepala Penelitian China Academy of Railway Sciences, Zhao Hongwei, sebagaimana dikutip media resmi China, Kamis (15/3).

Selain dapat dikendalikan secara otomatis, kereta tersebut juga dapat menghemat energi dan material teknologi yang digunakan ramah lingkungan.

Menurut Zhao, kereta terbaru itu merupakan pengembangan dari teknologi kereta berkecepatan 350 kilometer per jam model Fuxing yang sejak September 2017 beroperasi di ruas jalur Beijing-Shanghai.

People’s Daily mengklaim bahwa Fuxing merupakan kereta buatan China yang memiliki kecepatan tertinggi di dunia.

China telah mengajukan permohonan hak kekayaan intelektual agar 4.000 komponen pada kereta cepat model Fuxing itu mendapatkan paten.

Kereta cepat yang akan melaju di jalur Jakarta-Bandung merupakan kereta cepat buatan China generasi pertama yang dapat melaju dengan kecepatan maksimum 300 kilometer per jam.

Sementara itu kereta cepat “autopilot” terbaru itu nantinya bisa melaju dengan kecepatan 250 kilometer per jam dan 160 kilometer per jam untuk menyesuaikan perbedaan lingkup operasional dan kondisi geologi karena jarak Beijing-Zhangjiakou tidak terlalu jauh untuk dilalui kereta cepat. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close