Otoritas China Nyatakan Tiangong-1 Jatuh di Pasifik Selatan

SHANGHAI, SERUJI.CO.ID – Stasiun ruang angkasa Tiangong-1 milik China memasuki atmosfer bumi dan terbakar di tengah kawasan Pasifik Selatan pada Senin (2/4), kata otoritas ruang angkasa China.

Stasiun itu memasuki atmosfer sekitar pukul 8:15 pagi waktu Beijing atau 00.15 GMT, dengan sebagian besar bagiannya telah terbakar dalam proses jatuh tersebut, kata pihak berwenang dalam pernyataan singkat di lamannya.

Hal tersebut disampaikan tidak lama setelah stasiun tersebut diperkirakan akan jatuh di atas pantai Brazil di Atlantik Selatan, dekat Kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro.

Skuadron Kendali Luar Angkasa 18 Angkatan Udara Amerika Serikat, yang melacak dan mendeteksi semua objek buatan di orbit bumi, mengatakan mereka juga melacak Tiangong-1 saat memasuki atmosfer di Pasifik Selatan.

Dalam sebuah pernyataan, mereka telah mengonfirmasi jatuhnya Tiangong-1 melalui koordinasi dengan rekan-rekan pengamatan di Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan dan Inggris.

Pada Jumat (30/3), Beijing meyakinkan publik bahwa peristiwa ini tidak mungkin menyebabkan adanya potongan besar yang akan mencapai daratan.

Stasiun Tiangong-1 atau yang berarti Istana Surgawi-1, memiliki panjang 10,4 meter dan diluncurkan pada tahun 2011 guna melakukan percobaan penambatan dan orbit di ruang angkasa.

Misi ini merupakan bagian dari program ruang angkasa ambisius China, yang bertujuan untuk menempatkan stasiun permanen di orbit pada 2023.

Benda angkasa tersebut awalnya direncanakan untuk dinonaktifkan pada tahun 2013 tetapi misinya berulang kali diperpanjang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Ghazwul Fikri dan Media

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai