Menristekdikti: Teknologi KTP-El Segera Ketinggalan Zaman

0
120
Mohamad Nasir
Mohamad Nasir. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan teknologi yang ada dalam kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang kini sedang terbelit masalah hukum segera ketinggalan zaman karena sudah muncul teknologi lebih canggih lagi.

“KTP elektronik yang lagi ramai, nantinya akan ditinggalkan. Ditinggalkan karena ada inovasi baru dengan ada penemuan mikrochip sangat kecil yang ditanam dalam pembuluh darah,” kata Nasir saat memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah, Jember, Jawa Timur, Kamis (28/9).

Ia mengatakan microchip itu bisa merekam data kependudukan selama satu tahun bahkan merekam riwayat kesehatan selama setahun.

“Tekanan darah, fungsi ginjal dan data-data kesehatan seorang warga juga akan diketahui dengan mikrochip yang ada dalam pembuluh darah,” ujarnya.

Kalau data di mikrochip ini dimasukkan dalam data besar maka warga bergerak di mana saja termasuk di luar negeri bisa diketahui.

“Ini teknologi yang tidak bisa dikibuli. Tugas kantor juga gak bisa dimanipulasi karena terekam semua,” katanya.

Dia menegaskan penemuan mikrochip itu merupakan inovasi dari hasil riset sehingga menjadi tantangan bagi para mahasiswa dan dosen.

Untuk itu, Nasir mengharapkan riset para mahasiswa, dosen dan para peneliti harus menghasilkan inovasi yang menjawab kebutuhan masyarakat terkini.

“Kalau riset itu baik maka akan menghasilkan inovasi. Riset kalau hasilnya hanya publikasi maka hanya penuhi perpustakaan saja. Itu tidak cukup. Riset peneliti baik dosen, mahasiswa, harus menuju inovasi,” katanya.

Ia juga meminta para mahasiswa dan dosen untuk menghasilkan penelitian yang bisa mendukung daya saing nasional dan perekonomian Indonesia.

“Inovasi terbukti tidak saja mengubah ekonomi dunia tapi juga di Indonesia sehingga menghasilkan berbagai kemudahan dalam beraktivitas sehari-hari,” terangnya.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Masih Belum Temukan 12 Surat Tanah, PLN Area Dumai Akan Urus Surat Pengganti

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Setelah berusaha mencari dan dua kali berturut-turut PT PLN (Persero) Area Dumai mengumumkan kehilangan sejumlah Sertifikat dan Surat Tanah lewat media,...
Mobil Perpus

Mobil Prestasi Muamalat Menarik Minat Baca Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Dalam upaya menumbuhkan kembali minat baca dikalangan pelajar, PKPU Human Initiative bekerjasama dengan Mobil Prestasi Muamalat memberikan fasilitas Mobil perpustakaan keliling,...

Setelah Bertemu Puan Diam-Diam dan Kunjungi Ketum PAN, Hari ini Prabowo Gerilya ke SBY

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terus melakukan gerilya politik sepajang sore hingga malam kemarin, Selasa (17/7). Prabowo yang sudah dipastikan maju...
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...