Tim Barunastra ITS Sabet Juara 4 Lomba Robot Kapal Internasional

SURABAYA – Tim roboboat Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyabet juara ke-4 dalam ajang “AUVSI 10th International Roboboat Competition 2017” di Daytona Beach, Florida, Amerika Serikat.

Ajang kompetisi tahunan tersebut digelar tanggal 20-25 Juni 2017.

Juara pertama diraih oleh Daytona Beach Home Schoolar, juara kedua diraih Hagerty High School, dan juara ketiga diraih Georgia University. Kemudian juara keempat berhasil ditempati ITS dan posisi kelima oleh Embry Riddle University.

Prestasi yang diraih Tim Barunastra ITS tahun ini tidak sebagus tahun lalu yang berhasil meraih juara ketiga. Menurut Ketua Tim Barunastra ITS Muhammad Galih Ghafara, turunnya prestasi tersebut disebabkan beberapa kendala saat pertandingan.

“Komunikasi dengan tim sempat terputus karena alat komunikasi mati disebabkan sedang dipakai untuk kompas kapal,” kata Galih melalui keterangan tertulis, Selasa (27/6).

Meski demikian, dirinya masih merasa bersyukur karena tim yang dipimpinnya bisa meraih posisi juara keempat.

“Sebenarnya tim agak kecewa karena prestasinya di bawah tahun lalu,” kata mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan angkatan 2014 ini.

Padahal, lanjutnya, pada saat kualifikasi tim Barunastra berhasil posisi 1. Tapi pada saat final ada beberapa komponen Barunastra yang tidak bekerja dengan baik.

“Bahkan poin Barunastra saat kualifikasi adalah rekor dalam lomba, sampai-sampai jurinya tidak bisa menyebutkan jumlah poinnya karena terlalu banyak tetapi pada final tidak selancar kualifikasi,” jelasnya.

Meskipun mendapat posisi nomor 4, menurut Galih, tim Barunastra mendapat banyak pengalaman dari lomba ini.

Sementara itu, dosen pendamping tim Barunastra Hendra Kusuma mengaku bangga karena ITS juga mampu mengalahkan beberapa universitas bergengsi di AS, antara lain Michigan Univeraity, Iowa University dan Embry Riddle University.

“Kami masih ingat ketika tim ini sempat ketinggalan pesawat saat berangkat karena pesawat yg ditumpangi dari Surabaya mengalami delay 7 jam. Tapi syukurlah akhirnya terbayar dengan hasil yang cukup membanggakan,” ujar dosen Teknik Elektro ini. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER