Tim Barunastra ITS Sabet Juara 4 Lomba Robot Kapal Internasional

SURABAYA – Tim roboboat Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyabet juara ke-4 dalam ajang “AUVSI 10th International Roboboat Competition 2017” di Daytona Beach, Florida, Amerika Serikat.

Ajang kompetisi tahunan tersebut digelar tanggal 20-25 Juni 2017.

Juara pertama diraih oleh Daytona Beach Home Schoolar, juara kedua diraih Hagerty High School, dan juara ketiga diraih Georgia University. Kemudian juara keempat berhasil ditempati ITS dan posisi kelima oleh Embry Riddle University.

Prestasi yang diraih Tim Barunastra ITS tahun ini tidak sebagus tahun lalu yang berhasil meraih juara ketiga. Menurut Ketua Tim Barunastra ITS Muhammad Galih Ghafara, turunnya prestasi tersebut disebabkan beberapa kendala saat pertandingan.

“Komunikasi dengan tim sempat terputus karena alat komunikasi mati disebabkan sedang dipakai untuk kompas kapal,” kata Galih melalui keterangan tertulis, Selasa (27/6).

Meski demikian, dirinya masih merasa bersyukur karena tim yang dipimpinnya bisa meraih posisi juara keempat.

“Sebenarnya tim agak kecewa karena prestasinya di bawah tahun lalu,” kata mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan angkatan 2014 ini.

Padahal, lanjutnya, pada saat kualifikasi tim Barunastra berhasil posisi 1. Tapi pada saat final ada beberapa komponen Barunastra yang tidak bekerja dengan baik.

“Bahkan poin Barunastra saat kualifikasi adalah rekor dalam lomba, sampai-sampai jurinya tidak bisa menyebutkan jumlah poinnya karena terlalu banyak tetapi pada final tidak selancar kualifikasi,” jelasnya.

Meskipun mendapat posisi nomor 4, menurut Galih, tim Barunastra mendapat banyak pengalaman dari lomba ini.

Sementara itu, dosen pendamping tim Barunastra Hendra Kusuma mengaku bangga karena ITS juga mampu mengalahkan beberapa universitas bergengsi di AS, antara lain Michigan Univeraity, Iowa University dan Embry Riddle University.

“Kami masih ingat ketika tim ini sempat ketinggalan pesawat saat berangkat karena pesawat yg ditumpangi dari Surabaya mengalami delay 7 jam. Tapi syukurlah akhirnya terbayar dengan hasil yang cukup membanggakan,” ujar dosen Teknik Elektro ini. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi